Ciri Atau Tanda Koil ( Ignition Coil ) Mati

Mechanic Online - Koil ( Ignition Coil ) merupakan salah satu komponen pada rangkaian piranti pengapian pada mesin. letaknya berada pada posisi sebelum busi, atau dalam artian perangkat ini lah yang memberi tegangan pada busi. Fungsinya untuk menaikan tegangan dari Aki ( accu ) atau Spul ( tergantung sumber tegangan yang digunakan ) 12 Volt menjadi 10 KVolt atau lebih. dan koil ini menjadi sangat penting fungsinya dan yang mempengaruhi besar atau kecilnya pengapian.

Koil ( Ignition Coil ) jika sudah mengalami penurunan kinerjanya akan memberikan tanda-tanda yang bisa dikenali. maka banyak orang menyebutnya koil ( Ignition Coil ) sudah lemah tapi belum mati. apa saja ciri koil lemah tersebut, berikut cirinya yang terdapat pada koil mobil maupun motor.

Ciri Koil ( Ignition Coil ) Lemah 


  • Bunga api Busi Merah. 
  • Percikan api Busi pendek. sehingga busi selalu ingin di rapatkan. 
  • Busi sering Mati. 
  • Mesin brebet diputaran tinggi. 
  • Pada Mesin Mobil sering ditemukan kasus mesin mati ketika panas dan normal ketika dingin. 
  • Pada Koil mobil jika dipegang koil cepat panas sekali.
Itu beberapa ciri Koil lemah, saya tidak akan menulis tentang ciri koil mati, karena kalo koil ( Ignition Coil ) mati itu anda pasti sudah tahu, ya tidak akan mengeluarkan arus sama sekali. segera ganti koil ketika menemukan gejala2 seperti di atas tadi. supaya anda tidak berabe mogok di perjalanan. nah lalu bagaimana jika terlanjur mogok dan ditemukan kasus koil mati ada tips buat yang alami kejadian tersebut.

Mengakali Koil Mati Pada Mobil

Ciri Atau Tanda Koil ( Ignition Coil ) Mati

Kenapa judulnya hanya pada Mobil, karena saya tidak tahu untuk sepeda motor berhasil atau tidak, pada mobil sering ditemukan gejala koil mati dan jika dipegang panas, tetapi akan normal ( hidup ) ketika sudah dingin. nah jika diperjalanan anda alami hal demikian, coba kompres koil dengan lap basah, tujuanya agar koil dingin lebih lama dan mobil bisa berjalan lebih jauh untuk cari bengkel terdekat. koil akan normal ketika dalam keadaan dingin.

sekian tentang Ciri Atau Tanda Koil ( Ignition Coil ) Mati dan semoga bermanfaat, terimakasih kunjungannya. ditunggu kunjungan selanjutnya.