Cara Upgrade ECU dan Manfaat Upgrade ECU

Mechanc OnlinesCara Upgrade ECU dan Manfaat Upgrade ECU - Semakin hari semakin canggih teknologi di dunia otomotif, kini hampir semua sepeda motor dan mobil keluaran baru telah menggunakan Sistem EFI atau Injection lebih umumnya disebut injeksi. dibalik kecanggihan teknologi itu ada plus dan minus keuntungan dan kekurangannya. dengan sistem injeksi, bahan bakar semakin irit dan tenaga besar. itu karena sistem yang akurat dalam menentukan bahan bakar masuk dan pengapian. Namun bagi para owner kendaraan baik mobil dan sepeda motor, terutama biker yang ingin memodifikasi untuk mengupgrade performa mesin atau tenaga mesin ini yang yang menjadikan menjadi Rumit.

Pada sistem Injeksi atau EFI, semua diatur oleh pusat kontrol ECU.nah, ECU ( Electronic Control Unit ) adalah perangkat elektronik cerdas yang mampu mengolah beberapa masukan data dari sensor-sensor untuk memberikan keluaran/aksi yang tepat dalam rangka meningkatka kualitas pembakaran. ECU mampu menghitung/memperkirakan masa udara yang masuk, menentukan waktu pengapian, menentukan masa bensin yang harus dikeluarkan, memberikan sinyal indikator/kerusakan dll. 

Cara Upgrade / Modifikasi ECU


Dari situ kita bisa mengetahui apa peran ECU pada sitem EFI atau injeksi, untuk meningkatkan kualitas pembakaran yang di dalamnya mencakup jumlah bahan bakar masuk, waktu penyemprotan dan timing pengapian itu diatur oleh pusat kontrol ( ECU ). maka jika anda mengorek atau melakukan ubahan pada kapasitas mesin sudah pasti anda harus Upgrade juga ECU

Salah satu cara Upgrade ECU adalah dengan mengganti ECU tersebut atau dengan memasang Piggyback, apa itu Piggyback, Piggyback adalah alat yang mendukung kerja electronic control unit (ECU) yang berfungsi sebagai pusat kontrol mulai dari pengapian, sekaligus mengatur semprotan injeksi bahan bakar. secara Sederhananya alat ini adalah sebuah alat yang bisa memanipulasi data dari sensor-sensor elektronik yang terhubung dengan computer ECU pada sepeda motor ataupun mobil injection. di pasaran banyak tersedia alat ini dengan beragam jenisnya. untuk jelasnya DISINI.

Manfaat Upgrade ECU

Cara Upgrade ECU dan Manfaat Upgrade ECU

Nah dari semua point di atas, pasti anda dapat menyimpulkan bahwa mengupgrade atau merubah ECU manfaatnya adalah untuk mengatur ulang jumlah bahan bakar yang masuk, waktu penyemprotan bahan bakar dan timimg pengapian. yang pada mesin konvensional yang berkarburator itu dikerjakan secara manual.

sekian tentang Cara Upgrade ECU dan Manfaat Upgrade ECU semoga bermanfaat.