Cara Mengganti Oli Persneling / Transmisi dan Gardan

Mechanic Onlines - Mengganti oli Transmisi dan Gardan sebenarnya mudah, mudah jika anda tahu cara dan alat untuk memasukan oli nya, tapi bila anda tidak tahu caranya pastilah sulit. terutama saat bagaimana memasukan oli baru. pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi tips dengan para pengunjung setia blog ini untuk cara mengganti oli gardan dan transmisi yang bisa dilakukan sendiri di rumah atau garasi. alatnya sederhana anda cukup punya kunci sok ( Mata Segi Enam ) jangan yang keriting agar Baut tidak gundul. kunci sok nya untuk setiap kendaraan beda-beda ada yang kunci 22 ada yang 24 dsb. dan satu lagi plastik yang agak tebal. untuk apa plastik tersebut, langsung saja dibawah ini.

Cara Mengganti Oli Persneling / Transmisi dan Gardan

Cara Mengganti Oli Persneling / Transmisi dan Gardan
Berikut adalah cara mengganti oli gardan, cara mengeluarkan oli dan memasukan oli baru pengganti oli lama.

  • Langkah mengeluarkan oli.
Parkirkan kendaraan di tempat yang aman dan pada permukaan rata (untuk memastikan oli keluar semua dan saat mengisi pas dengan takaran), tarik rem tangan atau menggenjal roda sebagai pengaman.
masuk ke kolong mobil dan buka baut pembuangan oli ( baut pembuangan dan baut untuk memasukan oli) 
biarkan oli keluar sampai habis. jika menemui kesulitan dengan baut keras atau macet baca Cara Membuka Baut Macet.
  • Langkah memasukan oli baru.
  1. Pasang baut pembuangan oli dan kemudian kencangkan. 
  2. cari plastik agak tebal yang kira-kira bisa menampung oli 1 sampai 1,5 liter. 
  3. masukan oli baru ke plastik (sedikit2 saja/bertahap + 1liter) gunakan oli dengan spek rekomendasi kendaraan anda, misal Oli Gardan SAE 140, Oli Transmisi Manual SAE 90, Oli Tansmisi Automatic ATF (Automatic Transmission Fluid). 
  4. masukan ujung plastik ke lubang pemasukan oli dan tekan sedikit demi sedikit. 
  5. jangan bingung untuk ukuran banyaknya oli ( ukuran oli adalah pas dengan lubang pemasukan oli, sampai meluber sedikit keluar) 
  6. kemudian tutup / pasang baut pemasukan oli dan kencangkan. 
  7. terakhir, periksa kebocoran. 
Nah bagaimana apakah anda ingin mencoba mengganti oli sendiri dirumah, cara tersebut bisa anda coba praktekan dan saya jamin anda pasti bisa. sekian tentang Cara Mengganti Oli Persneling / Transmisi dan Gardan semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.