Tips Perawatan Gardan Mobil Agar Awet

Mechanic Onlines - Bukan hanya mesin yang memerlukan perhatian dalam hal perawatan berkala. salah satu yang kerap terlupakan adalah Gardan ( Diferential Gear ) Kerja gardan pada mobil itu berat, gardan berfungsi mentransfer tenaga ke roda kemudi. kerusakan pada gardan diantaranya gardan berdengung dan berbunyi kasar juga bisa alami kerusakan fatal yaitu gigi gardan rontok. 

Apa saja yang perlu diperhatikan dalam hal merawat gardan agar awet dan tidak mudah rusak. nah coba baca tips berikut ini.

Tips Perawatan Gardan Mobil Agar Awet

Tips Perawatan Gardan Mobil Agar Awet
  • Ganti Oli Secara Berkala
Oli gardan perlu diganti setiap 10.000 Km, atau berpedoman pada buku panduan perawatan pemilik. penggunaan oli untuk gardan yaitu oli dengan kekentalan SAE 90 dan SAE 140.  tergantung rekomendasi pabrik. kebanyakan memakai SAE 140.
  •  Hindarkan dan jangan paksa ketika slip
Hindari dan Jangan paksa ketika ban anda selip di jalanan licin atau terperosok lobang lumpur, jika anda paksakan ban untuk slip, maka ini akan membuat komponen di dalam gardan rusak. 
  • Gunakan Ban dengan merek sama
Hindari penggunaan ban berbeda merek antara kanan dan kiri, Ban itu mempunyai spesifikasi masing2. jadi setiap ban pasti mempunyai daya cengkram berbeda. pemakaian ban beda merk (kanan & kiri) akan membuat kerusakan gardan dalam jangka panjang. jadi ketika membeli ban, minimal untuk sepasang roda kanan dan kiri itu sama.