Tips Motor Tidak Mogok Ketika Hujan & Banjir

Mechanic Onlines - Ketika musim hujan tiba, memang sudah sepatutnya anda mempersiapkan sepeda motor yang anda pakai untuk keseharian agar tidak mogok ketika melibas jalan yang basah bahkan tergenang banjir. letak mesin sepeda motor yang rendah dan apalagi jika bebek yang mesin langsung tersiram cipratan air dari ban depan bisa rentang mogok. kenapa begitu, karena disitu ada busi dan kabel koil. nah apa saja yang rentan bisa menyebabkan mogok ketika hujan. berikut ini ulasanya.

Tips Motor Tidak Mogok Ketika Hujan & Banjir

Tips Motor Tidak Mogok Ketika Hujan & Banjir
Hal yang paling rawan ketika musim hujan yang bisa membuat motor mogok adalah kebocoran pada Cop busi atau Padud Busi. juga bisa pada kabel busi / kabel koil dan Socket kabel koil. nah selengkapnya berikut ini.

  • Cop Busi / Padud Busi
Jika Cop atau padud busi tidak rapat atau karetnya sudah keras dan getas, air bisa rembes masuk dan akan konslet, segera ganti atau anda bisa kasih lem auto sealer pada ujungnya. ujungnya disini adalah ujung yang ke busi dan ujung yang ke kabel koil atau kabel busi.

  • Koil dan Kabel Busi
Periksa kabel busi dari keretakan, jika ada yang retak, solusinya bisa dililit pake solasi ban dan untuk ujung kabel yang ke koil, Pada ujung kabel koil / kabel busi yang ke koil, kasih juga lem auto sealer biar gak konslet kalo kena air. begitu juga dengan socket kabel koil, biasanya socket ada pembungkusnya, jika sobek, ganti aja, banyak kok.
  • Body
Khusus untuk body yang menghalangi komponen kelistrikan dan socket kabel, mending pasang dulu deh selama musim hujan. sayang juga kan kalo CDI atau komponen lain mati gara-gara konslet. kebanyakan anak muda suka copot sebagian body biar motor keliat garang.
  • Karet Manipold Karburator
Karet ini yang menghubungkan antara karburator dan rumah atau box Filter udara. periksa kondisinya, jika ada sobekan, mending anda ganti aja, kenapa, karena jika air masuk bisa bikin brebet dan malahan mesin mati. untuk kenyamanan, segera ganti aja.
  • Ban
Kalo ini sih bukan ke masalah mogoknya, namun jika ban motor anda udah gundul, mending ganti aja, coz jika udah gundul bakalan licin tuh melindas jalanan basah.

Semoga tips ini bermanfaat untuk anda dan terimakasih atas kunjungan anda.