Tips Memilih Motif / Kembang dan Jenis Ban Mobil

Mechanic Onlines - Tips Memilih Motif / Kembang dan Jenis Ban Mobil - Banyak sekali merek, jenis dan motif kembang dari ban mobil di pasaran. dalam hal modifikasi, banyak para pemilik mobil mengganti ban dengan ukuran sembarangan tanpa memperhatikan segi keamanan dan kenyamanan berkendara. nah bagaimana tips memilih kembang dan jenis ban supaya aman dan nyaman dikendarai, berikut ini.

Tips Memilih Motif / Kembang dan Jenis  Ban Mobil


Ban mobil rata-rata akan habis di jarak 40 ribu km, untuk type mobil penumpang. tinggal lihat indikator keausan ban atau sinyal TWI ( tread wear indicator ) yang terpampang dibagian sidewall. jika ketebalan kembang ban telah meraih batas twi tersebut, maka siap-siap merogoh kocek untuk ganti ban.
Tips Memilih Motif / Kembang dan Jenis  Ban Mobil
Indikator keausan
Ukuran yang direkomendasikan oleh pabrikan yaitu toleransi 2 inci. dalam hal penggantian ban yang dilakukan tidak bersamaan atau misal dua buah, maka ban yang baru dipasang didepan. ini dimaksudkan jika terjadi apa-apa dengan ban yang telah tipis misal pecah kontrol kemudi roda depan masih stabil. cermati Juga tanggal produksi ban tersebut. kode ini terdapat di bagian sidewall ban. ban mobil juga bukanlah barang yang bebas perawatan. perlu diketahui bahwa ban kehilangan tekanan 1 psi tiap-tiap bln.

pada prinsipnya, pola telapak ban dibagi jadi tiga golongan utama, yakni :

  • searah ( directional )
Tips Memilih Motif / Kembang dan Jenis  Ban Mobil
Telapak ban searah ( directional ). layaknya anak panah atau pola kembangannya berupa huruf “v”. mempunyai fitur : menepis air dengan prima didalam pengendalian tambah baik di permukaan basah ataupun kering, performa dan pengereman tambah baik, umumnya ada didalam ukuran besar ( 15 inci ke atas ) dan mempunyai indeks kecepatan yang tinggi. pas untuk beberapa pengemudi yang suka performa serta kecepatan tinggi.
  • simetris ( symmetric )
Tips Memilih Motif / Kembang dan Jenis  Ban Mobil
Telapak ban simetris ( symmetric ). dengan design rib yang berkaitan atau blok. ke-2 sisinya, baik segi didalam serta luar mempunyai fitur dan manfaat yang sama. biasanya ban dengan pola simetris mempunyai alur yang layaknya gelombang. mempunyai fitur : nyaman dan amat hening, alur utama untuk menepis air. pas untuk pengemudi yang suka kenyamanan dan keheningan didalam berkendara.

  • asimetris ( asymmetric )
Telapak ban asimetris ( asymmetric ). memiliki pola yang unik saat membedakan ke-2 sisi sisinya. sisi luar ban umumnya mempunyai design alur semakin besar untuk menepis air dan menambah pengendalian pada jalur basah. namun sisi didalam ban mempunyai alur lebih kecil manfaat memperluas bidang yang bersentuhan dengan jalur hingga ban lebih stabil. mempunyai fitur : pengendalian yang baik di jalur basah serta kering, pengendalian baik saat membelok pada kecepatan tinggi. pas untuk pengemudi yang suka performa tinggi.