Penyebab Ban Mobil Habis / Gundul Sebelah ( Tidak Rata )

Mechanic Onlines - Salah satu Kerusakan Pada Kaki-kaki mobil adalah Ban yang habisnya tidak rata atau juga gundul sebelah atau juga habis sebelah. habis sebelah disini adalah bukan sebelah kanan atau kiri, namun habis di satu sisi pada sebuah ban. Nah apa yang menyebabkan ini bisa terjadi, padahal kan kalo dalam kondisi normal tidak ada kerusakan pada komponen kaki-kai mobil maka ban seharusnya habisnya rata bukan malah habis di satu sisi.

Jawabannya adalah kondisi ini bisa terjadi karena posisi ban tidak lurus ( kelurusan secara vertical ) atau miring. karena dengan ban yang miring, maka permukaan ban yang menempel di aspal itu tidak merata. alias ada yang menempel dan ada yang tidak karena miring itu tadi. nah apa yang menyebabkan ban bisa miring, nah cari tahu disini karena dari situlah penyebab ban habis sebelah.

Penyebab Ban Mobil Habis / Gundul Sebelah ( Tidak Rata )


Ban yang miring dan otomatis akan menyebabkan ban habis sebelah bisa terjadi akibat kerusakan pada Ball joint atau Bos Sayap. atau juga kemungkinan Tie rod atau Rack end yang aus dan oblak atau kurang lurus dalam penyetelan spooring. Nah untuk itu jangan biarkan kondisi ini karena disamping yang akan habis sebelah, umur pakai dari ban juga akan pendek alias cepet gundul. 
Penyebab Ban Mobil Habis / Gundul Sebelah ( Tidak Rata )
Segera periksa ke bengkel atau bisa juga periksa sendiri, jika mau coba periksa sendiri, dongkrak aja ban mobil anda namun posisi mendongkrak jangan dari sayap, melainkan dari chasis, dongkrak sampai ban menggantung dan coba goyangkan ketas dan bawah juga kanan dan kekiri. dari situ pasti ketahuan yang terjadi kerusakan dan keausan. bagaimana cara memperbaikinya, tentu harus dilakukan perbaikan, penyetelan dan penggantian komponen yang rusak. serta juga harus spooring ulang.

Untuk tutorial cara memperbaikinya, sabar gan untuk cara memperbaikinya sedang dalam proses penulisan. kunjungi saja lagi blog ini. terimakasih kunjungan anda.