Cara Memperbaiki / Menyempurnakan Karburator PE 28 KW / Lokal

Mechanic Onlines - Banyak para rider sepeda motor mengganti dan mengubah atau mengupgrade karburator bawaan motor dengan karburator yang venturinya lebih besar. salah satu yang banyak digunakan adalah PE 28 yang banyak dipakai pada motor 4 Tak. nah karena karburator original itu mahal, banyak yang menggunakan atau membeli karburator lokal atau KW sebagai alternatifnya. namun salah satu kendala yang sering muncul dari karburator KW ini adalah dari mulai susah lansam sampai tidak akurat. kadang terlampau irit. bagaimana agar menjadi normal seperti karburator original, berikut ini caranya.


Cara Memperbaiki / Menyempurnakan Karburator PE 28 KW / Lokal

Cara Memperbaiki / Menyempurnakan Karburator PE 28 KW / Lokal
  • Jarum Skep Karburator

Dari pengalaman saya menggunakan karburator NSR KW / Lokal, pada sepeda motor Honda Tiger, ketika langsung dipasang, motor tak mau digas malah mati dan batuk-batuk. usut punya usut, ternyata terlalu irit. kemudian saya ganti jarum skep pake yang lebih pendek punya RX King. ternyata mulai ada perubahan, namun belum juga pas.  terakhir saya potong jarum skep bawaan di samakan panjangnya dengan jarum skep rx king dan dibikin ulang coakan untuk spi jarum skepnya dan ternyata berhasil.
  • Baut Setelan Gas

ujung setelan gas karbu KW terlampau tumpul. Hingga waktu diputar, kurva pergantian tingginya rpm terlampau mencolok.  Untuk membenahinya, silakan kikir atau gerinda sekeliling ujung baut setelan gas lebih landai / runcing. 
  • Piston Skep Karburator

Piston Skep Krburator PE 28 KW itu lapisan chromenya tipis jadinya mudah baret, maka ketika kondisi masih baru, kotoran bekas cetakan atau berbentuk nat menggaris pada lubang piston skep harus di haluskan. Bila tidak cepat dipoles, bisa menyebabkan baret skep. Caranya cukup memoles silinder skep serta skep dengan cairan pengkilap bodi motor atau pasta autusol. Jadi disini sifatnya hanya memoles untuk menghaluskan. 

Nah selamat mencoba dan semoga berhasil.