Mechanic Onlines - Pada Sepeda Motor injeksi memang jika terjadi kerusakan pada komponen sensor-sensornya maka akan ada lampu pemberitahuan atau kedipan yang dalam istiulah kerennya MIL (Malfunction Indicator Light). lampu tersebut umumnya berwarna kuning bergambar mesin atau sering disebut juga lampu Check Engine. letaknya berada di speedometer. kedipan lampu MIL normal tampak setelah kunci kontak ON selama 2 detik lalu mati. jika ada masalah dengan sistem injeksinya maka akan ada kedipan.
Kedipan ini menandakan ada masalah dengan komponen sistem injeksi. namun kedipan juga ada jumlahnya tergantung pada apa komponen yang rusak. untuk memperbaiki mesin dengan teknologi injeksi maka jika pada bengkel-bengkel besar atau dealer resmi akan menggunakan alat Scanner atau Diagnostic Tools. namun jika tidak menggunakan alat tersebut juga masih bisa dilakukan karena pada dasarnya alat scanner pun membaca dari kedipan tersebut.
Data Kode Kedipan MIL (Malfunction Indicator Light) Sepeda Motor
Untuk anda yang tidak menggunakan alat diagnostic tools atau scanner maka tinggal baca aja dari kedipan lampu Check Engine. Ada dua kedipan dasar panjang dan pendek. Kedipan panjang (1,3 detik) diartikan puluhan (10), kedip pendek (0,3 detik) satu kali berarti 1 dan seterusnya. misalkan jika ditemukan kedipan pendek sebanyak 3 kali maka nilai MIL nya adalah 3 dan
jika ditemukan kedipan panjang 1 kali + 3 kali kedipan pendek maka nilai MIL nya adalah 13. Jika ada lebih dari satu kerusakan maka Error sistem antara satu dengan berikutnya ada jeda kurang lebih 3-5 detik. dan berikut ini data Kode MIL untuk sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki dan Kawasaki. saya kutif dari sumber : https://tegean.wordpress.com.
- Honda PGM-FI
1 Kedipan : Sensor MAP (Manifold Absolute Pressure)
7 Kedipan : Sensor EOT/ECT (Engine Oil /Coolant Temperature)
8 Kedipan : Sensor TP (Throttle Position)
9 Kedipan : Sensor IAT (Intake Air Temperature)
12 Kedipan : Sensor Injektor
21 Kedipan : Sensor O2 (Oxigen sensor)
29 Kedipan : Sensor IACV (Intake Air Cut Valve)
33 Kedipan : ECM (Engine Control Module)
54 Kedipan : Sensor BAS (Bank Angle Sensor)
- Yamaha YMJET-Fi
12 Kedipan : Crankshaft Postion Sensor (tidak ada sinyal normal yang diterima dari sensor ini)
13 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor (open atau short circuit)
14 Kedipan : Intake Air Pressure Sensor
15 Kedipan : Throttle Position Sensor (open atau short circuit)
16 Kedipan : Throttle Position Sensor (macet atau lengket)
21 Kedipan : Coolant Temperature Sensor (open atau short circuit)
22 Kedipan : Intake Air Temperatur Sensor
30 Kedipan : Lean Angle Sensor (macet atau rusak)
33 Kedipan : Ignition Coil
39 Kedipan : Fuel Injector (open atau short circuit)
41 Kedipan : Lean Angle Sensor
44 Kedipan : Pembacaan dan penulisan pada EPROM eror)
46 Kedipan : Suplay power ke sistem fuel injection tidak normal
50 Kedipan : Kerusakan memory ECU
- Suzuki DCP-FI
12 Kedipan : CKP sensor
13 Kedipan : IAP sensor
14 Kedipan : TP sensor
15 Kedipan : ET sensor
21 Kedipan : IAT sensor
23 Kedipan : TO sensor
24 Kedipan : Ignition Koil
32 Kedipan : Fuel injection
40 Kedipan : ISC valve
42 Kedipan : Ignition switch
44 Kedipan : HO2 sensor
- Kawasaki KE-Fi
11 Kedipan : Sensor main throttle tidak berfungsi
12 Kedipan : Sensor tekanan udara inlet tidak berfungsi
13 Kedipan : Sensor temperatur udara inlet tidak berfungsi
14 Kedipan : Sensor temperatur air inlet tidak berfungsi
21 Kedipan : Sensor crankshaft tidak berfungsi
24 Kedipan : Sensor kecepatan tidak berfungsi
31 Kedipan : Sensor Vehicle down tidak berfungsi
32 Kedipan : Model TH atau EUR, sensor subthrottle tidak berfungsi; model IN, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi
33 Kedipan : Sensor oksigen tidak aktif
41 Kedipan : Injector tidak berfungsi
46 Kedipan : Relay pompa bahan bakar tidak berfungsi
51 Kedipan : Koil pengapian tidak berfungsi
56 Kedipan : Relay kipas radiator tidak berfungsi
62 Kedipan : Model TH atau EUR, aktuator katub subthrottle tidak berfungsi; model IN, sensor subthrottle tidak berfungsi
64 Kedipan : Katup pengganti udara tidak berfungsi
67 Kedipan : Pemanas sensor oksigen tidak berfungsi
Untuk mempermudah proses diagnosa memang ada alat scanner yang tinggal colok dan kerusakan langsung diketahui. untuk mendapatkanya pun sekarang ini mudah dan banya dijual di toko online. untuk alat resmi mungkin hanya untuk jaringan servis resmi namun banyak sekarang satu alat scanner yang bisa digunakan oleh berbagai merek dan jenis sepeda motor. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.