Cara Menghilangkan Dengung Gardan Mobil

Mechanic Onlines - Cara Menghilangkan Dengung Gardan Mobil - Gardan ( Differential ) pada mobil berfungsi untuk meneruskan tenaga dari mesin ke poros roda. kerusakan pada Gardan diantaranya terdengar bunyi dengung pada Gardan pada kecepatan tinggi. penyebabnya bisa karena jarak bebas antara gigi Crown Whel dan gigi Pinion terlalu renggang akibat terjadi keausan. untuk diketahui bahwa terdapat setelan untuk menyetel jarak bebas antara gigi Crown Whel dan gigi Pinion. bunyi juga bisa diakibatkan rusaknya kedua gigi tersebut, maupun keausan yang terjadi pada gigi dan ring gigi bolu-bolu (diferential gear ). atau malah bisa juga karena kualitas oli yang buruk.

Kebanyakan orang jarang melakukan perawatan dan pengecekan pada gardan dikala dalam kondisi normal. Padahal tidak sulit merawat gardan. dalam hal perawatan gardan pada dasarnya hanya memastikan oli dalam keadaan baik dan tidak kurang. Cukup dengan rutin mengganti oli gardan setiap 10 ribu kilometer, dan penggantian oli gardan ini biasanya bersamaan dengan oli transmisi.
Cara Menghilangkan Dengung Gardan Mobil
Untuk jenis olinya pun sesuai dengan rekomendasi pabrik. pada mobil lawas umumnya spesifikasi untuk oli gardan adalah SAE 140. Namun bukan hanya oli dengan SAE 140 saja. seperti untuk mobil yang pemakaiannya lebih sering di dalam kota, maka disarankan menggunakan oli yang speknya multigrade, dengan SAE75-90 atau 80W90. kalau anda pernah lihat di mobil kecil ( bukan jenis truck ) pada gardan beberapa jenis mobil merekomendasikan Penggunaan oli SEA 90. biasanya tertulis di belakang rumah gardan atau breuh. dan adapun mobil dengan gardan dilengkapi fitur LSD (Limited Slip Differential) untuk jenis ini disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk tipe gardan LS. namun jika anda bingung, coba buka lagi buku user manual atau coba lihat di kolong mobil anda. biasanya pada belakang gardan tertulis spesifikasi oli yang disarankan.

Nah bagaimana jika gardan mobil anda terlkanjur berdengung dan anda gak enak dengernya, untuk mempoerbaikinya berikut ini caranya.

Cara Menghilangkan Dengung Gardan Mobil

Untuk memperbaiki gardan berdengung memang harus dilakukan dan penyetelan ulang jarak bebas antara gigi Crown Whel dan gigi Pinion serta penggantian komponen yang rusak. komponen yang biasanya aus adalah ring gigi bolu-bolu begitu sebutanya di daerah saya. kalo di gambar diatas namanya side gear dan pinion carier. untuk melakukan penyetelan gardan maka harus dilakukan pembongkaran dari gardan tersebut. Namun sebelum memutuskan untuk membongkar gardan, terlebih dulu hendaknya anda lakukan pengecekan oli gardan untuk memastikan oli tidak kurang dan dalam kondisi baik. jika sudah dilakukan penggantian oli gardan ( SAE 140 ) namun masih tetap ada bunyi, maka anda harus menyetel ulang gardan. namun masih ada alternatif lain jika hanya ingin menghilangkan dengungnya saja.

Jika hanya ingin menghilangkan dengung gardan saja, Ada cara menghilangkan dengung gardan tanpa harus melakukan pembongkaran. bagaimana caranya, yaitu " ganti oli gardan memakai oli yang kental ( oli kobok / oli curah ) oli ini sangat kental seperti gemuk stempet yang meleleh. dan anda juga bisa masukan atau campurkan stempet atau gemuk / grease pada oli gardan.  cara ini kebanyakan dipakai pada gardan yang gigi Crown Whel dan gigi Pinion cacat yang harus dilakukan penggantian namun masih dipakai.

Menggunakan opsi kedua dengan mengganti oli gardan menggunakan oli gardan yang lebih kental memang bisa mengatasi masalah dengung gardan, namun ingat itu tidak memperbaiki gardan dalam artian sebenarnya, kenapa karena gardan yang berdengung itu menandakan adanya kerusakan pada gardan atau setelan yang udah tidak sesuai maka jika dibiarkan bisa membuat kerusakan tambah parah. agar itu tidak terjadi maka sebaiknya gardan yang berdengung lebih baik dibongkar dan diperbaiki. menggunakan oli kental mungkin lebih tepat ke untuk mengatasi gardan yang kerusakanya sudah terlampau parah namun masih bisa digunakan. oli kental ini untuk mengatasi suara dengungnya saja.

Semoga bermanfaat dan terimakasih kunjungannya ke blog ini.