Cara Skir atau Skur Klep / Katup

Mechanic Onlines - Salah satu kerusakan pada ruang bakar adalah kebocoran klep atau katup. klep bocor akan membuat tenaga mesin ngedrop atau malah mogok. ini dikarenakan kompresi di ruang bakar bocor. penyebab klep bocor itu banyak, diantaranya terganjal kotoran jika mesin yang tidak menggunakan Filter Udara atau saringan udara, klep yang aus atau siting klep aus, bahkan klep bengkok karena bertabrakan dengan piston atau seher. skir atau skur klep juga harus dilakukan ketika melakukan penggantian pada klep, siting dan ketika membongkar ruang bakar. meski tidak melakukan penggantian klep atau siting skir / skur juga diprlukan karena saat membongkar mesin bisa saja ada kotorean masuk ke lubang intake maupun exhaust yang bisa mengganjal dan mengakibatkan kebocoran klep.

Cara Skir atau Skur Klep / Katup Yang Benar


Cara Skir klep yang benar itu ya yang hasilnya bagus, kalo soal benar dan tidak saya kurang yakin namun memang cara skir klep di bengkel-bengkel itu beragam caranya. dan jika tidak benar, tidak mungkin hasilnya normal, betul tidak. nah begini cara skir klep yang menurut saya sangat mudah.
  • Cara Skir / Skur Klep Pakai Bor Listrik

  1. Yang pertama harus anda siapkan adalah bor listrik yang tak terlalu besar, karena jika terlalu besar anda akan pegal memegangnya, heheheh. 
  2. kemudian pasang mata bor atau batang besi sebesar gagang klep di bor listrik.
  3. Cari Selang yang masuk dan agak seret ke batang klep. selang ini yang nantinya menghubungkan klep dan bor.
  4. Oleskan Amril atau Ginding Paste pada payung klep bagian yang menyentuh siting klep agak banyak ya.
  5. Ada dua bagian pada Amril Coarse end dan Fine End, coarse ( pasta yang kasar ) dan Fine ( pasta untuk menghaluskan ). jika anda melakukan penggantian klep atau siting maka pakailah dulu bagian kasar untuk meratakan dan terakhir dihaluskan dengan pasta amril Fine end.
  6. Beri pelumas pada batang klep dan masukan klep. bisa juga amril di beri sedikit oli atau minyak tanah atau bensin supaya tidak terlalu kental dan berat ketika diputar.
  7. masukan selang pada batang klep dan bor dan hidupkan bor untuk memutar klep sambil sesekali di angkat dan di tarik untuk merapatkan klep dan siting. untuk lama proses skir relatif, cek sesekali dan lakukan proses skir / skur jika masih belum rata dengan mengoleskan kembali amril.
  8. awas posisi bor dan klep harus diusahakan lurus.
  9. Setelah klep dan siting rata, yang bisa dilihat di klep dan siting yang terdapat goresan halus merata, hentikan dan bersihkan klep serta sitingnya.
  10. Untuk proses pengecekan kebocoran nanti saya jelaskan di bawah.
  • Cara Skir / Skur Klep Manual Pake Tangan
Cara Skir atau Skur Klep / Katup
  1. Langkah sama seperti langkah dengan memakai bor listrik, namun tidak memakai bor listrik.
  2. Putar dengan tangan, caranya di pilin menggunakan kedua telapak tangan atau di geleng-geleng.
  3. Satu arah putaran di tarik untuk menekan klep ke siting klep, satu arah putaran balik sambil agak diangkat untuk merenggangkan payung klep.
  4. setelah dirasa klep dan siting merata, kemudian bersihkan klep dan siting.
  5. Untuk proses pengecekan kebocoran nanti saya jelaskan di bawah.
  • Cara Cek Kebocoran Klep
Cara ini untuk mengecek kebocoran klep, baik yang telah dilakukan proses skir / skur atau yang hanya sekedar ingin mengecek ketika membongkar silinder head. bagaimana langkahnya, berikut ini.
  1. Posisi klep, sil klep dan per klep harus terpasang.
  2. Arahkan posisi lubang IN atau EX ke arah atas dan masukan bensin ke lubang IN atau EX.
  3. Lihat pada payung klep apakah ada rembesan bensin atau tidak. jika tidak ada rembesan maka berarti klep tidak bocor.
Nah mudah bukan Cara Skir atau Skur Klep / Katup diatas, semoga bermanfaat untuk anda dan terimakasih kunjungnnya.