Cara Menghitung Perbandingan Kompresi dan CC mesin

Mechanic OnlinesCara Menghitung Perbandingan Kompresi dan CC mesin - CC ( Centimeter Cubic ) dan Perbandingan kompresi adalah dua hal yang sering kita dengar dalam dunia otomotif. CC sendiri adalah satuan yang dipakai pada Kapasitas Ruang Bakar Mesin. seperti yang kita ketahui dalam dunia otomotif bahwa pada engine atau Mesin terdapat ruang bakar yang berbentuk silinder dan  memiliki kapasitas volume ruang bakar yang berbeda-beda pada tiap kendaraan atau sepeda motor.

untuk mengetahui berapa besarnya Kapasitas atau volume yang ada pada ruang bakar pada setiap mesin yang memiliki silinder dan piston, adalah langkah pertama untuk menghitung CC mesin yang perlu diketahui terlebih dahulu yaitu diameter piston (seher) dan panjang stroke (lengan ayun mesin).

Rumus Hitung CC Mesin


( 3,14 X Diameter Piston X Diameter Piston X Panjang Stroke : 4000 )
  • contoh :
Supra 100 cc 
3,14 X 50 mm X 50 mm X 49,5 mm : 4000 = 97,14375.

Rumus Hitung Perbandingan Kompresi


Selain CC ada juga perbandingan kompresi, perbandingan kompresi pada sebuah mesin juga sangat penting karena dari situlah nantinya ditentukan bahan bakar yang digunakan pada mesin tersebut. pada kali ini saya akan sertakan cara menghitung perbandingan kompresi dan untuk penggunaan bahan bakar sesuai perbandingan kompresi akan saya tulis lain waktu.

Rumus :

biasanya dari brosur sepeda motor baru sudah tercantum berapa kompresi dari motor tersebut. dan rumus hitung ini diperlukan jika anda melakukan modifikasi pada mesin. 

VC + VB 
VB 

VC = volume silinder
VB = volume ruang bakar

contoh :
jupiter memiliki volume silinder 115cc.
dan volume ruang bakar 13.85cc.

angaka volume ruang bakar didapat dengan mengisikan cairan menggunakan alat seperti suntikan yang terdapat ukuran cc nya untuk mengisi ruang bakar jupiter dengan cairan. 


VB atau bagian yang  warna biru adalah ruang bakar yang harus diisi dengan cairan lewat lubang busi.

Lanjut kita menghitung.

115 + 13.85
13.85
= 9.333333 

jadi didapat kapasitas kompresi dari mesin jupiter standar adalah 1 : 9.3 ( sumber : indonesiaindonesia.com )

semoga Cara Menghitung Perbandingan Kompresi dan CC mesin ini bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.