Penyebab Oli Pelumas Mesin Sering Berkurang

Mechanic Onlines - Oli Mesin atau Engine Oil sangat penting fungsinya sebagi pelumas mesin yang mencegah dan melindungi bagian mesin yang bergerak dengan cara mencegah kontak atau gesekan langsung dua logam yang berhubungan. makanya sangatlah penting untuk selalu menjaga kualitas atau kondisi oli dan keberadaanya di dalam mesin. jika oli kurang, maka mesin bisa ancur. nah Oli Mesin itu pada umumnya Tidak akan berkurang atau lebih tepatnya tidak perlu penambahan sampai waktu penggantian berikutnya. terkecuali pada mesin mobil yang sudah menerapkan teknologi Turbo pada mesinnya. untuk yang memakai turbo biasanya sering ditemukan oli berkurang dan harus di tambah sebelum masa penngantian oli.

Pada Mesin Sepeda Motor Dan Mobil yang tak pakai turbo, oli mesin berkurang itu menandakan ada yang tidak beres pada mesin tersebut. hal yang paling mendasar yang menyebabkan oli berkurang adalah kebocoran gasket dan oil seal. namun jika ditemuykan tidak ada kebocoran pada dua point tersebut. maka berikut beberapa yang bisa mengakibatkan oli berkurang.


Penyebab Oli Mesin Berkurang

Penyebab Oli Mesin Berkurang


  • Sil Klep atau Katup Bocor.
Sil klep atau katup bocor bisa menyebabkan oli mesin berkurang, ini dikarenakan oli rembes dan masuk ke batang klep kemudian tersedot ke ruang bakar melalui manipold. ini pastinya terus berlangsung ketika mesin hidup. maka oli pun pasti berkurang.

  • Ring Seher / Ring Piston Aus atau Lengket dan Boring Aus.
Yang kedua adalah ring seher atau ring piston aus atau lengket, atau Cylinder atau Boring Aus / sudah longgar. kondisi ini akan menyebabkan oli pelumas yang berada di Cylinder atau boring tidak tersapu sempurana oleh ring piston yang akan menyebabkan oli terbakar pada saat proses pembakaran. dan pastinya akan membuat oli berkurang.
  • Kebocoraan Gasket dan Oli sil
ini sudah di jelaskan di atas dan ini pastinya terlihat dengan jelas.
  •  Urutan Pemasangan Ring Piston Tidak Benar
Sama seperti point yang kedua dimana kesalahan pemasangan ring piston akan menyebabkan oli tidak tersapu sempurna dan akan terbakar di ruang bakar.
  • Asap Knalpot Putih 
Asap knalpot putih adalah salah satu dari efek yang ditimbulkan dari sil klep bocor, ring piston aus / lengket. dan kesalahan pemasangan ring piston. juga boring sudah aus.

Itu tadi beberapa Penyebab Oli Mesin Berkurang terimakasih kunjungan anda dan semoga bermanfaat.