Cara Mudah Spooring / Mengukur Roda Mobil

Mechanic Onlines - Istilah spooring pastinya sudah tidak asing lagi bagi anda para pemilik kendaraan roda 4 ( Mobil ). Spooring artinya adalah keselarasan. yang diatur disini adalah keselarasan roda. bisa juga diartikan pelurusan roda. langkah spooring biasa dilakukan di bengkel khusus spooring dengan menggunakan alat khusus. namun dengan alat sederhana pun bisa dilakukan jika memang jauh dari bengkel khusus tersebut. apa tanda kerusakan yang menandakan mobil perlu di spooring.

Tanda mobil perlu di spooring yang paling kelihatan adalah kondisi pada alur ban. jika kembang ban habisnya tidak rata, misal kembang habis bagian luar atau dalamnya saja atau malah tidak rata sama sekali atau bergelombang. atau ban terlihat tidak lurus. itu salah satu tanda roda perlu di spooring. nah bagaimana cara mudah untuk spooring jika untuk yang jauh dari bengkel. ada dua cara sederhana yang biasa bengkel mobil lakukan untuk spooring dengan menggunakan alat yang sederhana. mau tahu bagaimana, berikut caranya.


Cara Spooring Roda Mobil Menggunakan Alat Sederhana


  • Memakai Meteran
Dengan menggunakan meteran, ukur roda depan ( sisi depan dan sisi belakang ) anatara roda kanan dan kiri  dapatkan angka yang sama di kedua sisinya ( sisi depan dan sisi belakang ). dan untuk mengatur panjang pendeknya, setelan terdapat pada pipa dudukan tie rod. kondisi Ball joint & Tie rod jangan oblak, jika oblak, sebaiknya Perbaiki dengan cara memperbaiki Ball joint & Tie rod.


Cara Mudah Spooring / Mengukur Roda Mobil
Gambar setelan Tierod


  • Memakai benang.
Ambil benang kasur, anda bisa lingkarkan benang ke seluruh roda ( 4 roda ) atau ikatkan pada per roda belakang (per atau apa saja di bagian belakang dalam roda belakang) tarik ke depan lingkarkan memutar sampai pada bagian roda belakang satunya lagi dan ikatkan seperti tadi. untuk mengecek kelurusannya, lihat pada sisi-sisi roda depan di bagian belakangnya,  apakah menyentuh atau mendorong benang. lihat pada roda depan bagian kiri dan kanan. Untuk mengatur panjang pendek atau menyetelnya, setelan terdapat pada pipa dudukan tie rod. setelan yang pas adalah benang tidak renggang dan tidak terdorong . posisi lihat gambar di atas pada judul..

sekian tentang Cara Mudah Spooring / Mengukur Roda Mobil, semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda. jangan lupa kembali berkunjung.