Cara Memperbaiki Rem Membanting atau Blokir

Mechanic Onlines - Cara Memperbaiki Rem Membanting atau Blokir - Rem yang bagus itu tidak keras atau bagel, pakem dan lurus atau tidak membanting. membanting disini ketika di injak banting kanan atau kiri. di daerah saya rem membanting umum disebut rem blokir. tentu saja kondisi rem yang ngebanting ini sangat berbahaya karena ketika di rem bisa menyebabkan kemudi tidak stabil dan akan terbawa berbelok. nah bagaimana cara memperbaiki rem membanting ini baik pada rem cakram atau rem tromol / Drum brake. dan ingat Perawatan Berkala Rem itu penting untuk menjaga kestabilan Rem.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Rem Membanting atau Blokir

Rem membanting pada Rem cakram dan Rem tromol, penyebabnya bisa berbeda. apa saja yang menyebabkan rem ngebanting pada rem cakram dan rem tromol, berikut ini. ini penting diketahui karena dari sini perbaikan akan ditentukan dan dilakukan.
  • Rem Tromol / Drum Brake
jika mengalami rem membanting / blokir pada jenis rem ini, penyebabnya bisa diakibatkan hal berikut ini :

  1. Piston rem macet. ( salah satu rodanya )
  2. Setelan kerapatan kanfas rem antara kedua roda berbeda.
  3. Selang Fleksbel rem tersumbat.
  4. Rem Bocor di salah satu roda.
Untuk memperbaiki, anda harus membuka dan melihat kerusakan lihat pada point di atas, mana yang bermasalah. khusus untuk piston rem macet saya sudah tulis caranya di Memperbaiki rem macet. namun jika semua komponen tadi sudah normal dan setelan rem sudah sama dan masih juga membanting, coba ikuti langkah berikut :
  1. jika rem membanting ke kanan, rapatkan setelan ketinggian rem sebelah kiri atau kendurkan etelan rem roda kanan. dan sebaliknya jika rem membanting ke kiri.
  2. tukarkan tromol (kiri ke kanan, kanan ke kiri) jika langkah pertama masih belum bisa juga membuat rem normal.
  3. tukarkan kanfas rem (kiri ke kanan, kanan ke kiri) jika masih juga membanting.
Cara Memperbaiki Rem Membanting atau Blokir
  • Rem Cakram / Disc Brake
jika mengalami rem membanting / blokir pada jenis rem ini, langkah perbaikan sama seperti di atas, namun kebanyakan penyebabnya pada rem cakram adalah salah satu roda macet atau salah satu roda bocor. karena tidak pakai setelan manual pada rem cakram.

Semua diatas berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam bekerja, semoga Cara Memperbaiki Rem Membanting atau Blokir bermanfaat untuk anda dan terimakasih atas kunjungan anda. baca juga gejala-gejala kerusakan rem.