Gejala Rem Rusak Atau Rem Bermasalah

Mechanic Onlines - Gejala Rem Rusak Atau Rem Bermasalah - Rem adalah salah satu yang sangat penting bagi setiap kendaraan, rem merupakan satu-satunya alat untuk memperlambat laju kendaraan dan menghentikan laju kendaraan baik itu pada mobil atau sepeda motor. bayangkan jika pada kendaraan tidak ada rem, nah maka dengan itu rem salah satu komponen yang harus diperhatikan untuk keselamatan berkendara. namun kebanyakan pemilik kendaraan memeriksa rem ketika terjadi masalah atau kerusakan. namun banyak juga yang tidak mengetahui gejala kalo kinerja rem bermasalah. maka dari itu berikut ini adalah gejala kerusakan pada sistem rem.

Gejala Kerusakan Pada Sistem Rem

Gejala Rem Rusak Atau Rem Bermasalah
  • Tidak pakem / pedal rem normal tapi agak nahan dan kurang pakem. 
bisa diakibatkan karena kanfas rem keras, segera ganti dengan yang baru atau bisa anda amplas untuk mendapatkan bidang kasar pada kanfas. Bisa juga akibat vakum booster lemah jika pada mobil. segera Cek Servo / Booster Rem. atau rem pada macet. cari tahu di Cara memperbaiki rem macet.

  • Rem berbunyi ngesrek atau menjerit.
kalau yang ini kanfas remnya abis gan, lakukan penggantian. Ada beberapa bunyi yang mengindikasikan Kanvas rem bermasalah. cari tahu di Cara Memperbaiki rem menjerit dan ngesrek
  • Rem blong.
ini bisa diakibatkan karena ada kebocoran, kebocoran bisa terjadi di master rem atas, selang, dan master bawah. dan bisa juga akibat karet/seal master rem atas sudah aus. (untuk master rem atas, meski karet/seal aus tapi kadang tidak nampak bocor)
  • Pedal rem bergetar.
bisa diakibatkan karena disc brake atau tromol tidak rata.
  • pedal rem keras atau bagel
ini bisa diakibatkan karena ada kebocoran kevakuman udara di booster rem. atau juga kerusakan pada blower untuk yang pake blower. bisa diakibatkan juga karena kerusakan booster rem (seal- seal booster rem), kebocoran selang hose vacum, atau juga blower yang daya sedot nya sudah menurun (untuk yang pake blower) bisa juga master bawah, pistonnya pada macet.
  • rem membanting. 
ini mengindikasikan ada salah satu roda yang macet, periksa roda2 kendaraan. untuk memperbaiki rem membanting saya sudah tulis di Cara Memperbaiki Rem Membanting.
  • pedal rem ngelos jika di injak perlahan tapi normal jika serentak. 
gejala ini di akibatkan karena karet2 seal pada master rem aus. ganti untuk memperbaikinya.
  • pedal rem rem ngelos total dan minyak rem kosong. 
ini bisa di akibatkan ada kebocoran di master rem atas, bawah, atau pipa saluran rem. cari kebocoran dan perbaiki
  • pedal rem rem ngelos total dan minyak rem utuh. 
ini bisa di akibatkan karena karet2 seal master rem atas sudah aus parah. ganti segera.

Semoga Gejala Rem Rusak Atau Rem Bermasalah bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.