Cara Menyetel Gardan (Differensial) Mobil Untuk Menghilangkan Bunyi

Mechanic Onlines - Gardan atau Differensial adalah salah satu komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga putaran mesin dari poros gardan ke poros roda yang digerakkan dan untuk memunginkan perbedaan putaran roda kiri maupun kanan pada saat kendaraan berbelok ke kiri atau ke kanan. salah satu masalah yang biasa terjadi pada gardan adalah suara Dengung di kecepatan tinggi dan juga Suara gemuruh di area Gardan berada.

Untuk memperbaiki gardan yang bermasalah, anda perlu membuka dan melakukan pemeriksaan serta melakukan penggantian komponen yang aus dan meyetel kerenggangan atau menyetel gardan kembali. untuk melakukan perakitan pada gardan, harus dilakukan oleh ahlinya jangan asl-asalan karena bukannya baik malah kerusakan tambah fatal.

Cara Menyetel Gardan (Differensial) Mobil Untuk Menghilangkan Bunyi


Cara Menyetel Gardan (Differensial) Mobil Untuk Menghilangkan Bunyi

Untuk anda yang mempunyai masalah pada gardan berdengung atau bergemuruh dan hanya ingin menghilangkan bunyi gardan saja, anda bisa melakukan trik dengan mengganti oli yang lebih kental selengkapnya sudah saya tulis di tulisan saya yang lain di Cara Memperbaiki Gardan Bunyi Dengung.

Untuk melakukan pembongkaran dan Penyetelan gardan, saran saya lebih baik bawa ke bengkel yang tentu saja sudah ahli menangani masalah gardan seperti ini. kalo urusan membongkar sih sangat mudah, untuk urutan membuka gardan, anda tinggal lepas as roda, as kopel dan gardan bisa dibuka. kemudian di preteli gigi-giginya. namun pada saat merakit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam kerenggangan gigi-gigi pada gardan.

Maksud dan tujuan dari tulisan ini adalah untuk melakukan penyetelan gardan, jika anda belum memahami tentang gardan itu sendiri, saran saya lebih baik bawa ke bengkel langganan anda saja. pengalaman saya tentang gardan adalah, salah dalam melakukan penyetelan kerenggangan gigi-gigi pada gardan akan membuat gigi-gigi pada gardan tidak bertahan lama dan cepat aus bahkan rontok.

semoga bisa membantu anda dan terimakasih atas kunjungannya.