Alat & Cara Membuka Baut Patah

Mechanic Onlines - Baut yang patah memang bisa terjadi saat kita sedang membuka ataupun memasang baut. Bukan Hanya baut yang ukurannya kecil saja, baut yang ukuranya besar pun bisa patah. beberapa baut yang rentan patah adalah baut Knalpot dan baut blok mesin, baut karburator dan lainnya. nah, solusi untuk membuka baut yang patah adalah menggunakan Tap Balik ( Screw Extractor ) jika kita tidak mempunyai alat, bisa  bawa ke tukang las listrik. tukang las listrik yang menjadi pilihan karena tidak akan membuat baut terlalu panas pada bagian lain. tapi sebetulnya bisa saja pakai las karbit juga, tapi akan sangat panas dan beresiko pada bagian blok. 

Sebetulnya ada alat yang tersedia untuk membuka baut yang patah, ini sangat aman terutama karena ini tidak memerlukan las untuk menggunakannya. nama alat ini sering disebut Tap Balik (Screw Extarctor). alat ini mirip seprti tap untuk bikin drat, bedanya pada alat ini dratnya seperti drat pada scrup dan terbalik. untuk menggunakanya anda juga membutuhkan bor listrik untuk membuat lubang pada tengah baut yang patah tadi. nah bagaimana cara membuka atau cara menggunakan tap balik atau screw extractor ini, berikut ini selengkapnya.

Alat & Cara Membuka Baut Patah Menggunakan Tap Balik (Screw Ectractor)
Alat & Cara Membuaka Baut Patah Menggunakan Tap Balik (Screw Ectractor)

Diatas adalah penampakan alat yang dinamakan Tap Balik ( Screw Extractor) bukan cuma seperti gambar tadi, namun itu adalah salah satunya, jika ingin melihat jenis lainnya silahkan lakukan pencarian gambar di google dengan kata kunci Screw Extractor. Nah untuk cara menggunakan Screw Extractor atau Tap balik ini digunakan untuk membuka baut patah, ini yang harus anda persiapkan dan lengkap dengan cara menggnakanya :
Alat Yang Harus Disipkan

  • Bor Listrik, ini untuk memberi lubang pada tengah baut yang patah.
  • Tap Balik ( Screw Extractor ), tentunya ini alat utama yang sedang kita bahas.
  • WD 40, Atau cairan anti karat lainnya biar jika baut berkarat tidak seret. pilihan lainnya juga bisa menggunakan Kayu Putih.
Cara Menggunakan Tap Balik Untuk Buka Baut Patah

  • Pertama anda buat lubang pada tengah baut yang patah, tidak harus tembus, karena lubang ini nantinya untuk tempat Tap Balik ( Screw Extractor ) ini berpijak.
  • Gunakan Tap Balik (dratkan) pada baut yang sudah diberi lubang tadi.
  • Dratkan bisa menggunakan kunci inggis. karena bentuk drat tidak rata, maka semakin masuk semakin seret dan akan membuat baut patah berputar keluar.
  • Semprotkan WD40 atau kayu putih jika baut seret dan berkarat. kayu putih digunakan berdasarkan pengalaman dan cukup efektif mengatasi baut seret akibat karat.
Cara Lain Membuka Baut Patah
Ada kesulitan yang biasa terjadi jika baut yang patah terlalu kecil, jika memungkinkan, masih bisa gunakan tap balik ini untuk membukanya dan dengan cara yang sama. Namun jika tidak memungkinkan, pilihan atau solusi lainnya adalah menggunakan las baik listrik atau karbit, namun jika cara ini juga masih belum menyelesaikan masalah, cara terakhir yang bisa diterapkan adalah dengan memperbesar ukuran drat yang digunakan. Caranya adalah dengan membor habis baut yang patah dan dibuatkan drat baru yang lebih besar.


Cara Barusan pun Bukan Cara Satu-satunya, dengan cara barusan diatas, kita masih bisa menggunakan ukuran drat aslinya jika memungkinkan. caranya adalah setelah dibor habis baut yang patah, anda perbesar ukuran drat dengan tap ulang dratnya, masukin baut, potong bautnya, bor lagi ditengah dan terakhir tap lagi ukuran drat asli. kelemahan cara ini biasanya rada sulit diterapkan pada baut ukuran kecil.

Tambahan : Jika untuk Baut Tanam seperti pada baut knalpot, cara diatas (memperbesar ukuran drat)  terdapat baut tanam dengan ukuran drat yang berbeda antara atas dan bawahnya ( contoh baut tanam dengan drat baut 10 dan 12)

Sekian dari saya, lebih dan kurangnya mohon maaf, saya hanya mencoba membantu masalah membuka baut yang patah yang sedang anda alami.