Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil

Mechanic Onlines - Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil - Sering kita dengan istilah Spooring dan Balancing. untuk apakah itu. yang pasti itu dilakukan pada roda dan kaki-kaki mobil atau roda kemudi . yang di spooring itu adalah kaki-kaki agar selaras dan yang di balancing itu lebih kepada velg dan ban mobil. lalu apakah sebetulnya kedua istilah Spooring dan Balancing ini. berikut ini untuk lebih jelasnya.

Arti Istilah Spooring dan Balancing

Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil

  • Spooring
Wheel Alignment’ atau yang biasa dikenal sebagai spooring merupakan analisa, pengukuran dan penyesuaian sudut suspensi dan kemudi yang dilakukan terhadap mobil anda dan bertujuan untuk memastikan apakah roda mobil sudah sesuai dengan standar pabrikan mobil. secara simplenya adalah menyelaraskan ke empat roda baik kemiringan, dan kelurusannya. Yang diselaraskan atau yang diatur penempatan atau alignmentnya adalah Camber, Caster dan Toe.
  • Balancing
Nah kalo anda pasti tahu artinya, ya proses ini untuk menyeimbangkan apa yang seimbang, Proses balancing dilakukan dengan cara melepas roda dan memutar pada alat balancing. Proses ini setelah ban dibalance biasa, selanjutnya dipasang pada mobil dan diputar pada mobil untuk diatur keseimbangan total. Dalam hal ini yang turut mempengaruhi adalah bearing roda, hub roda bahkan lugnut atau mur roda. cara menyeimbangkannya bagian yang lebih ringan ditambahin bobotnya dengan timah. Dipasang sedemikian biar distribusi bobotnya lebih merata.

Untuk Spooring sendiri lebih akuratnya dilakukan dengan alat khusus biasa terdapat di bengkel-bengkel spooring dan balancing namun bisa juga dengan Cara Spooring Sederhana.

Nah bagaimana atau apakah tanda mobil perlu di spooring, berikut ini Tanda Mobil Perlu di Spooring dan Balancing. sekian tentang Tujuan Spooring dan Balancing Roda Mobil semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.