Cara Melepas Klep / Katup Mesin

Mechanic Onlines - Cara Melepas Klep / Katup Mesin - Pada kesempatan kali ini saya akan mencoba berbagi tips bagaimana cara mebongkar klep atau katup baik pada mesin motor maupun mobil. melepas klep perlu dilakukan ketika anda membongkar mesin dikarenakan katup atau klep mesti harus di sekir atau sekur ulang. nah bagi yang sudah terbiasa, mungkin bukan hal yang sulit. dan pastinya sudah mempunyai alat khusus untuk melepasnya. namun bagi yang baru belajar dan coba-coba mungkin merupakan hal yang cukup sulit.

Cara Melepas Klep / Katup Mesin

Pada cara melepas atau membongkar klep berikut ini dilakukan bukan hanya menggunakan alat khusus namun juga dengan alat sederhana yang pastinya mudah ditemukan. bagaimana caranya, berikut ini.

1. Cara Melepas Klep Menggunakan Alat Khusus

Cara Melepas Klep / Katup Mesin
Sangat mudah untuk melepas kunci penahan pegas katup ( spi klep ) jika anda mempunyai alat pembukanya. anda tinggal pasang tekan dan lepas spi klep dengan mudah. alat khusus ini beragam bentuknya, salah satunya seperti gambar berikut.
2. Cara Membuka  Klep Menggunakan Alat Sederhana

Cara yang kedua ini menurut saya justru lebih mudah dan cepat, caranya menggunakan pipa atau kunci busi dan palu. langkah yang dilakukan berikut ini.

Cara Melepas Klep / Katup Mesin

  • Siapkan kunci busi atau pipa atau kunci T yang diameternya lebih besar dari diameter klip pengunci atau spi klep yang terpasang di batang katup.
  • Siapkan palu yang sedang saja.
  • Simpan Cylinderhead diatas balok kayu atau papan kayu.
  • Masukan kain atau kertas pada satu ujung jika yang anda gunakan kunci busi atau pipa supaya rapat di satu bagian.
  • Tempelkan kunci busi atau pipa di atas plat penahan per klep / katup, bagian yang menempel adaalah yang bolong. dan tahan.
  • pukul pipa atau kunci busi pakai palu agak keras supaya per tertekan kebawah dan kunci penahan pegas katup ( klip pengunci / spi klep ) akan lepas dengan sendirinya.

Langkah selanjutnya ya anda tinggal ambi per klep dan cabut klep dari bos nya. mudah bukan, selamat mencoba. dan untuk cara memasang atau merakit klep bisa dilihat di Cara Memasang atau Merakit Klep.