Cara Memperbaiki Klep Bocor Dengan Skir Klep

MOBIL MOGOK - Cara Memperbaiki Klep Bocor Dengan Skir Klep - Klep bocor akan mengakibatkan kompresi bocor. penyebab klep bocor itu beragam ada yang terganjal dan ada yang bertabrakan dengan piston. Skir atau sekur klep dilakukan untuk meratakan daun klep dengan sitting nya. nah pada saat ganti klep atau sekedar memperbaiki kebocoran klep, maka dilakukan sekur klep atau sekir klep. bagaimana caranya, berikut ini.

Cara skir klep yang banyak dilakukan di bengkel2 itu ada dua cara. yang pertama pakai bor listrik dan yang kedua secara manual pake tangan. Bahan yang digunakan untuk mengasahnya adalah Amril atau Grinding paste.

Cara Memperbaiki Klep Bocor Dengan Skir Klep

Cara Memperbaiki Klep Bocor Dengan Skir Klep


  • Skir klep manual (pakai tangan )
langkahnya sama seperti yang di atas hanya kita tidak memakai bor tangan melainkan pakai tangan digeleng-geleng pakai dua telapak tangan.
  • Skir klep pakai bor listrik
yang diperlukan adalah bor listrik dan selang yang masuk ke gagang klep. caranya cari besi atau mata bor untuk ditempatkan di bor tangan yang berfungsi untuk tempaat selang. selang ini yang menghubungkan antara bor tangan dan klep. oleskan amril atau grinding paste bagian kasar (coarse) di payung klep yang kontak dengan siting klep. beri oli sedikit / minyak untuk supaya hasilnya rata. kemudian nyalakan bor biarkan payungklep menggesek dengan sesekali diangkat atau di renggangkan. lihat sesekali bagian yang bergesekan apakah sudah ada alur yang rata antara payung klep dan siting klep. jika dirasa rata kemudian bersihkan dan lakukan seperti tadi dari step pertama hanya amril yang digunakan yang halus (fine end). lakukan sampai permukaan gesekan dirasa halus dan rata.

Kedua cara tersebut jika dilakukan dengan baik maka hasilnya sma saja, dan untuk mengetes kebocoran setelah klep dan per semua dirakit isi lubang intake dan out pake bensin lihat di klep jika ada kebocoran akan terlihat bensin keluar / basah. dan jika tidak ganti klep atau siting baru alias hanya sekedar skir klep langsung saja skir menggunakan amril yang halus.