Memeriksa dan Memperbaiki Mobil Mogok

Mechanic Onlines - Mogok adalah salah satu kejadian yang tidak mengenakan ketika berkendara. maka dari itu perawatan berkala diperlukan untuk merawat mesin dan seluruh komponen pada kendaraan agar terhindar dari kejadian tidak menyenangkan seperti mogok. namun kadang kendaraan mogok meski anda rajin melakukan perawatan berkala, ini namanya sial, hehehehehe. nah bagaimana cara anda memperbaiki mobil yang mogok, akan saya beri tips dan panduan di bawah ini.

Sebelum bagaimana cara memperbaiki mobil mogok, langkah pertama pastinya harus mendiagnosa dahulu letak permasalahannya atau kerusakannya. dan berikut ini langkah dan Cara Memeriksa dan Memperbaiki Mobil Mogok pada kendaraan / Mobil bermesin bensin dan mobil bermesin diesel. langsung aja simak di bawah.


Memeriksa dan Memperbaiki Mobil Mogok

Memeriksa dan Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Bensin


  • Parkirkan mobil ke tempat aman,  netralkan gigi transmisi. dan tarik rem tangan.
  • Periksa Setrum Aki / daya batre 

  1. Jika panel speedometer atau lampu kontrol tidak menyala, kemungkina kabel aki terlepas atau longgar, bisa juga kotor. Periksa juga sekring, Bisa juga ini akibat sikring putus. tepatnya sekring "ENGINE” lihat pada diagram box sikring.
  • Periksa pengapian mesin

  1. Periksa kabel setrum koil. bila perlu cek setrumnya.
  2. Periksa kondisi platina atau cdi , bersihkan Platina jika terjadi kotor atau benjol dengan amplas.
  3. Periksa kabel busi, pastikan terkoneksi dengan baik. cek arus dan pastikan ada loncatan arus.
  4. Periksa busi. Bersihkan busi jika kotor, jika busi terlanjur mati, baca cara memperbaiki busi mati.
  • Periksa karburator dan suplai bahan bakar

  1. Periksa suplai bahan bakar dengan cara mencabut selang bahan bakar kemudian di stater
  2. Periksa / bersihkan saringan bahan bakar.
  3. Periksa Karburator, jika bermasalah buka dan bersihkan karburator.
  4. coba nyalakan mesin. Bila semua sudah berfungsi dengan baik

Memeriksa dan Memperbaiki Mobil Mogok Mesin Diesel


Pada mesin Diesel kebanyakan penyebab mesin mogok akibat dari saringan bahan bakar kotor dan penuh dengan air, karena mesin diesel tergolong bandel dan jarang rewel, jadi kebanyakan pemilik kendaraan jarang melakukan penggantian berkala pada saringan bahan bakar ini. nah berikut beberapa langkah yang bisa anda lakukan jika mobil yang bermesin diesel mogok. 
  • Jika terjadi indikator bahan bakar anda menyala, jangan panik itu hanya sinyal kalo ada air di water separator. water separator bentuknya sama dengan saringan atau lebih dikenal saringan yang pertama dari tangki bahan bakar. segera buang air di saringan bahan bakar anda dengan cara memutar pembuangan di bawah saringan bahan bakar.
  • Setelah air di buang, selanjutnya langkah memompa bahanbakar dan membuang angin / udara pada saluran bahan bakar.
  • Buka baud pembuangan saluran bahan bakar yang terdapat di injektor kemudian tekan berulang pompa saluran bahan bakar ( pompa diputar dulu untuk membukanya pada jenis truk) sampai keluar di baud pembuangan dan buih hilang. kemudian kencangkan kembali baud pembuangan.
  • Setelah semua komponen dipastikan dalam kondisi baik, start mesin mobil anda.
Sekian tentang Memeriksa dan Memperbaiki Mobil Mogok yang mudah-mudahan bisa mengatasi mobil anda yang mogok, dan terimakasih atas kunjungan anda.