Kontrol dan Cara Memeriksa Gardan Mobil

Mechanic Onlines - Kontrol dan Cara Memeriksa Gardan Mobil - Gardan ( Diferential) merupakan komponen yang berfungsi untuk meneruskan tenaga mesin ke poros roda pada Mobil. gardan menggunakan pelumas kental dengan SAE 140 untuk perawatan berkalanya terletak pada penggantian oli secara teratur. dan untuk servis dilakukan jika salah satunya terdengar bunyi dengung di kecepatan tinggi. dan ini mengindikasi bahwa gardan perlu pemeriksaan dan penyetelan kembali kerenggangan gigi Pinion dan Crown Wheel pada gardan. daalam perbaikan ada beberapa langkah, selengkapnya berikut ini.

Kontrol dan Cara Memeriksa Gardan Mobil

  • pembongkaran 
pada lankah ini dilakukan pemisahan dari seluruh komponen pada Gardan.

  •  pemeriksaan 
Untuk pemeriksaan, bagian yang harus diperhatikan dari keausan adalah pada laher atau Bearing, ring dan gigi Bolu-bolu ( Diferential gear dan Diferential pinion carier ), juga gigi Pinion (bevel pinion ) dan Crown Wheel ( bevel ring gear ) serta As gigi Bolu-bolu ( Stud ).
Kontrol dan Cara Memeriksa Gardan Mobil

  • perakitan 
Pada proses perakitan yang perlu diperhatikan adalah kerenggangan dari setiap gigi. terutama untuk Bevel Pinion dan Crown Whell ( Bevel ring gear ). ini ada ukuran khusus dan jika tidak pas maka akan menyebabkan bunyi dan gardan tidak awet atau cepat rusak. makanya ini menjadi pekerjaan dari mekanik. untuk sekedar menghilangkan dengung anda bisa coba tips Cara Hilangkan Dengung Gardan.

Sekian tentang Kontrol dan Cara Memeriksa Gardan Mobil semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.