Cara Membuka Baut Roda Mobil Yang Keras / Macet

Mechanic Onlines - Menurut saya, salah satu yang harus dipersiapkan ketika anda mengendarai mobil untuk bepergian adalah seperangkat alat untuk membuka dan memasang ban dan pengetahuan tentang mengganti Ban Mobil. tentunya alat yang dipersiapkan pun harus yang bisa membuat anda mudah dalam melakukan penggantian ban tersebut. seperti halnya kunci roda dan dongkrak. kenapa begitu, karena baut roda sendiri kadang suka keras atau macet. dan jika tidak dipersiapkan untuk kondisi tersebut, maka anda akan kesulitan.

Dalam pemilihan alat, saya rekomendasikan Untuk Kunci roda pilih yang jenisnya kunci Sok segi enam. bukan yang gerigi atau bukan juga kunci roda palang 4. Untuk dongkrak biar enteng pilih yang jenis Hydrolik. kalo untuk mobil ringan atau jenis sedan pake dongkrak buaya aja. dan pipa yang masuk ke gagang kunci roda. kira2 setengah meter. untuk apa pipa tersebut, nanti akan dijelaskan.

Cara Membuka Baut Roda Mobil Yang Keras / Macet

Cara Membuka Baut Roda Mobil Yang Keras / Macet


Bagaimana cara membuka baut roda baik yang macet atau pun yang tidak macet. berikut ini tahapannya.
  • Tarik Rem tangan dan ganjal ban biar aman.
  • Persiapkan kunci roda dan dongkrak.
  • Kendurkan Mur / Baut Roda


Kendurkan Mur atau Baut roda sebelum anda mendongkrak. caranya anda ambil kunci roda dan kendurkan baut roda, jika dirasa keras, anda perpanjang gagang menggunakan pipa. maka baut atau mur roda yang keras pun akan gampang dibuka. arah putaran mur atau baut roda untuk membuka berlawanan arah jarum jam. hanya kendurkan saja jangan dulu dibuka.
  • Dongkrak Ban.
Anda akan diuntungkan jika menggunakan dongkrak hydrolik, karena gak akan mengeluarkan tenaga yang banyak untuk mendongkrak.
  • Buka Mur / Baut Roda dan Buka Ban
Setelah ban terangkat, buka mur / baut roda dan tarik ban keluar.
  • Pasang Ban dan Kencangkan Mur / Baut Roda
Setelah itu pasang ban baru dan pasang mur / baut roda dan kencangkan. untuk mengencangkan cukup pakai gagang saja dan jangan disambung pipa. kalo anda sambung pipa, maka akan sangat keras ketika nanti anda buka kembali.

Nah itu saja langkahnya, intinya adalah untuk membuka baut atau mur yang keras, gunakan kunci sok segi enam agar mur tidak gundul. dan untuk memperingan gunakan pipa untuk memperpanjang gagang kunci sok.