Mobil Diesel Ngablas, Asap Putih atau Hitam Pekat, Apa yang Rusak?

Mechanic Onlines - Pada Mobil dengan mesin diesel memang asap knalpotnya tidak sebersih mesin bensin. kenapa begitu, karena jenis bahan bakar yang digunakan pun berbeda. solar lebih cenderung mengeluarkan asap pembakaran yang agak berwarna hitam. Namun jika warnanya hitam pekat, itu juga bukan bagus, pastinya ada yang tidak normal. juga jika asap knalpot putih serta keluar asap dari selang pernapasan mesin atau ablas.

Apa yang menyebabkan asap hitam pekat, asap putih dari knalpot dan asap dari ablas pernapasan mesin, itu akan coba saya jelaskan disini. Asap hitam tebal memang kerap di anggap wajar pada mobil2 yang bermesin diesel, padahal mesin diesel yang dalam kondisi baik asap kenalpotnya tidak berwarna hitam pekat tebal. lalu apakah yang menyebabkannya. berikut ini.

Penyebab Mobil Diesel Ngablas, Asap Putih atau Hitam Pekat

Mobil Diesel Ngablas, Asap Putih atau Hitam Pekat, Apa yang Rusak?
  • Asap Putih ( kerusakan seputar ring poiston dan piston, bisa juga seal katup )
  • Asap dari pernapasan mesin (ablas) ( kerusakan seputar piston dan ring piston )
  • Asap hitam pekat ( perlu pengecekan pada nozel "kualitas kabut bahan bakar " , dan setingan injektor )
Itulah sepintas tentang kerusakan seputar warna asap knalpot pada mobil dengan mesin diesel. Jadi segera perbaiki jika ditemukan gejala2 berikut di atas pada kendaraan anda. walau bagaimanapun, kerusakan sedikit saja bisa membuat fatal jika dibiarkan. seperti hal asap putih yang menandakan oli terbakar akibat kerusakan ring atau piston akan membuat oli berkurang lama-kelamaan.

Semoga membantu, sekian dan semoga bermanfaat.