Tips Solusi Fuel Pump / Pompa Bensin Mati Rusak

Mechanic Onlines - Pompa bensin pada mobil memang satu-satunya yang mensuplai mengalirkan bensin atau bahan bakar dari tangki yang letaknya dibawah menuju ke komponen pengabut bahan bakar baik itu Karburator atau pun nozle injector pada tipe Injection EFI. Yang namanya komponen elektrik tentunya tidak bisa kita perkirakan umur pakainya. jika ada terjadi korsleting atau hal apapun yang namanya fuel pump bisa saja tiba-tiba mati dan akan membuat kendaraan mogok.

untuk melakukan penggantian tentunya akan mudah jika diucapkan tinggal ganti aja yang baru, namun bisa saja ada kendala lainya, misalkan tidak tersedia komponen tersebut di daerah tempat mobil anda mogok atau juga karena kurangnya bekal dana untuk membeli pompa baru. karena untuk mobil injeksi ini harga fuel pump lumayan mahal. yang murah aja berkisar di harga 400 ribu keatas. ah pada kesempatan kali ini Mechanic Onlines ingin berbagi tips untuk solusi mobil yang mogok akibat fuel pump yang mati baik pada mesin mobil yang karburator dan injection. tips ini juga bisa berguna bagi anda yang menggunakan sepeda motor injeksi atau injection.

Solusi Mengatasi Fuel Pump / Pompa Rotax Mati


  • Solusi Mengatasi Fuel Pump Injection Mati
Pada mobil yang sudah menggunakan sistem Injeksi atau EFI, harga fuel pul pump memang mahal dan tidak tersedia di setiap daerah. di daerah yang jauh dari perkotaan terkadang sulit menemukan komponen fuel pump injection. nah jika terjadi fuel pump rusak di daerah yang sulit mendapatkan part penggantinya atau sedang tak ada dana untuk menggantinya, bisa coba tips ini. 

Tips Solusi Fuel Pump / Pompa Bensin Mati Rusak


Tips dan solusinya adalah untuk pompa bensin sementara bisa gunakan pompa rotak dari mobil yang karburator seperti rotax milik daihatsu zebra dan mitsubishi T120 SS. untuk harga lebih murah punya Zebra. pompa jenis ini selain murah, pompanya juga mudah di dapatkan di daerah yang jauh dari perkotaan. tentunya memang tidak akan senormal menggunakan pompa fuel pump aslinya namun bisa mengatasi mobil mogok anda. pompa ini di pasang di luar tangki BBM tidak seperti aslinya yang rata-rata berada di dalam tangki BBM. untuk instalasi kabelnya hanya ada dua buah kabel (+) dan (-) jadi tinggal ambil dari setrum kontak.
  • Solusi Mengatasi Fuel Pump Rotax Karburator Mati
Untuk mobil dengan karburator, solusi untuk mengatasi pompa rotax mati itu cukup mudah. mungkin jika diganti juga harganya pastilah jika bepergian, anda ada uang disaku cukup untuk membeli pompa rotax. namun jika sulit didapat rotax yang baru, maka untuk solusinya bisa lakukan tips berikut ini.

Untuk solusinya bisa gunakan sifat air yaitu menggunakan Prinsif air mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah. lupa lagi itu namanya apa. jadi tinggal siapkan saja jerigen untuk bensin, ukuran terserah anda, lalu tempatkan jerigen posisinya lebih tinggi dari karburator. lalu lubangi tutup jerigen supaya selang masuk. tinggal masukan selang ke jerigen sampai dasar ya, lalu coba anda sedot sampai keluar bensinya dan bensin akan terus mengalir. dengan catatan, posisi ujung selang yang keluar lebih rendah dari permukaan air di jerigen. tentunya anda pernah belajar sifat air di SD.

Catatan lagi buat karburator yang menggunakan selang balik ke tangki bahan bakar maka selang balik bisa ditutup. kalo enggak ditutup maka bensin akan cepet habis mengalir ke tangki bahan bakar.

    • Solusi Mengatasi Fuel Pump Membran Karburator Mati
    Fuel Pump mekanis sering disebut pompa membran di daerah saya. pompa jenis ini bekerja dengan putaran mesin. jika pompa ini rusak tidak berfungsi, maka anda bisa mensiasatinya dengan mengaplikasikan pompa elektrik atau Rotax dari daihatsu zebra atau T120 SS. atau anda juga bisa mengatasinya menggunakan jerigen seperti point diatas.

    Nah semoga tips diatas bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.