Penyebab Asap Knalpot Motor 2 tak Bau Oli Terbakar

Mechanic Onlines - Sepeda Motor 2 tak memang menggunakan Oli samping yang ikut nasuk terbakar di ruang bakar. namun oli ini termasuk oli khusus dan tentunya beda dengan oli mesin dan ketika terbakar di ruang bakar baunya pun berbeda. dan kebanyakan oli samping atau oli 2 Tak itu sudah menggunakan parfum yang akan membuat asap knalpot motor 2 tak wangi. yang menjadi bahasan disini bukan oli samping yang terbakar dan tentunya berasap wangi, tapi oli mesin yang terbakar dan akan membuat asapnya bau oli mesin terbakar dan menyengat.

Apa yang membuat bau oli mesin terbakar, tentunya ada kebocoran di ruang bakar. Karena di dalam blok mesin motor 2 tak, ruang bakar tidak terhubung dengan ruang transmisi. alias ada sekat. laher kruk as dan piston pada mesin 2 tak tidak dilumasi oleh oli mesin namun dilumasi oleh oli samping yang ikut terbawa oleh bahan bakar yang masuk maupun dipompa oleh pompa oli ke manipold dan ruang bakar.

Seperti pada gambar berikut ini blok mesin motor 2 tak dan terlihat ruang kruk as tidak terhubung dengan ruang gigi ratio. terdapat sekat.

Penyebab Asap Knalpot Motor 2 tak Bau Oli Terbakar


Penyebab Asap Knalpot Motor 2 tak Bau Oli Terbakar


Pada Kruk as, di sisi kanan dan kirinya terdapat oil seal yang menjadi penyekat ruang bakar dan ruang transmisi. seperti anda tahu oil seal kruk as tidak terdapat di mesin motor 4 tak kecuali yang menggunakan sepul yang kering. itupun posisinya diluar. pada mesin 2 tak jika seal kruk as bocor maka bisa membuat oli mesin masuk ke ruang bakar dan akan membuat asap knalpot berbau menyengat tidak enak. meski anda pakai oli samping yang wangi asapnya gak wangi.

Sil kruk as yang bocor pada mesin 2 tak juga akan membuat tenaga berkurang karena tentunya ada kompresi bocor. satu lagi yang bisa terjadi adalah oli mesin berkurang padahal gak ada yang bocor pada mesin. kebocoran yang terjadi jika oli mesin ikut terbakar adalah seal kruk as yang sebelah kanan yang berada di dalam blok kopling. karena kalo yang sebelah kiri hanya akan membuat sepul basah saja.

Untuk memperbaikinya anda hanya perlu membuka dan mengganti oil seal kruk as dengan yang baru. semoga bisa membantu anda dan terimakasih atas kujungan anda.