Ciri dan Tanda Fuel Pump Mobil dan Motor Bermasalah

Mechanic Onlines - Fuel Pump pada mesin mobil dan motor merupakan komponen penting untuk mensuplai bahan bakar ke karburator jika mobil atau motor dengan mesin masih menggunakan pengabut bahan bakar jenis karburator dan Nozle Injector bagi mesin yang menganut EFI atau injection. ada beberapa ciri dan tanda atau juga gejala yang timbul jika fuel pump bermasalah. baik itu ada kerusakan atau hanya sebatas penyumbatan. 

Fuel pump yang mati tentusaja akan membuat pasokan bahan bakar ke komponen pengabut akan terhenti. dan mesin akan mati. nah bagaimana gejala yang timbul dan cara memriksa jika terjadi kejadian mogok. berikut ini selengkapnya.

Ciri dan Tanda Fuel Pump Mobil dan Motor Bermasalah

Ciri dan Tanda Fuel Pump Mobil dan Motor Bermasalah

  • Fuel Pump Mesin Injeksi
Pada mobil EFI atau injection, Fuel pump yang bermasalah bisa menyebabkan mesin brebet dan putaran idling tidak stabil. pada kecepatan tinggi, bisa terjadi mesin brebet dan tersendat-sendat dan bahkan setelah itu mesin bisa mati. kejadian seperti ini bisa diakibatkan oleh saringan atau filter yang ada pada fuel pump kotor dan akan membuat bahan bakar tersendat bahkan tidak bisa mengalir. 

Jika terjadi mobil atau sepeda motor injeksi mogok, untuk mengecek itu fuel pump mati atau bukan, mudah saja. hal yang paling mudah adalah ketika kunci kontak pada posisi on, segera dengarkan suara pada tangki bahan bakar. jika ada bunyi ngink, berarti fuel pump berfungsi. kalo untuk mengecek aliran bahan bakar, biasanya ada selang saluran bahan bakar yang ke injector dan itu bisa dibuka. namun awqas harus dalam keadaan kunci kontak of. jika setelah dibuka dan kunci kontak pada on bensin tidak menyembur keluar naka itu terjadi masalah.


  • Fuel Pump Mesin Karburator

    • Jika pada mesin yang menggunakan karburator, biasanya jenis fuel pum ada dua. elektrik dan mekanis. atau orang sering bilang Rotax dan membran. untuk mengecek kondisi fuel pump pada jenis elektrik mudah saja. karena untuk yang elektrik ketika kontak On maka akan hidup dan mengeluarkan bunyi. namun kalo untuk yang mekanis, tidak akan berbunyi karena pompa ini akan bekerja jika mesin berputar. 

      Cara lain untuk mengeceknya adalah, bisa dibuka selang bahan bakar yang menuju ke karburator. untuk fuel pump mekanis, mesin harus di starter biar memutar untuk mengecek pompa bensin apakah memompa dengan baik atau tidak memompa. dan untuk gejala yang timbul jika fuel pump bermasalah biasanya hampir sama yaitu tekor, dan tersendat-sendat.

      Jika Fuel pump ditemukan tidak nyala atau tidak bekerja, maka itu belum bisa dipastikan rusak. bisa saja sekring putus, socket tidak konek atau juga relay yang rusak. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.