Jenis dan Cara Kerja Fuel Pump Pada Mobil Dan Motor

Mechanic Onlines - Fuel Pump adalah pompa bahan bakar dalam bahasa inggris, pada semua mesin baik itu mobil dan sepeda motor yang menggunakan bahan bakar bensin yang letak tangki bahan bakarnya berada lebih rendah dari posisi mesin pastinya menggunakan komponen pompa bensin yang lebih umum dikenal Fuel Pump. kenapa saya katakan tangki bahan bakar yang lebih rendah dari mesin, karena seperti kita ketahui pada sepeda motor yang masih menggunakan karburator tidak digunakan komponen Fuel pump. terkecuali yang Injeksi.

Fungsi utama dari Fuel Pump adalah untuk memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju karburator untuk mesin mobil dengan karburator. Sedangkan fungsi fuel pump untuk mesin injeksi untuk memompa bahan bakar dari tangki bahan bakar menuju injektor. fuel pump jika digolongkan berdasarkan jenisnya digolongkan menjadi dua jenis yaitu fuel pump mekanis dan fuel pump elektrik. 

Jenis dan Cara Kerja Fuel Pump Pada Mobil Dan Motor


Fuel Pump mekanis adalah Fuel pump yang cara kerjanya digerakan oleh mesin contoh jenis ini pada mesin diesel dan untuk mesin bensin umumnya orang kenal dengan nama pompa membran atau diafragma. Cara kerja pompa mekanis ini sederhana. Terdiri dari diafragma karet yang diapit dua bagian rumah dan ditekan oleh semacam lengan camshaft eksentrik yang dirancang untuk beroperasi lengan tuas pompa.

Jenis dan Cara Kerja Fuel Pump Pada Mobil Dan Motor
Fuel Pump Mekanis ( Membran )


Sedangkan untuk Fuel Pump Elektrik, cara kerjanya menggunakan motor listrik yang di gerakan oleh aliran listrik yang masuk menuju motor listrik pada fuel pump. contohnya pada mesin bensin yang menggunakan teknologi injeksi EFI dan kalau yang karburator umum orang kenal dengan nama Pompa Rotax.

Jenis dan Cara Kerja Fuel Pump Pada Mobil Dan Motor
Fuel Pump Elektrik ( Rotax )


Untuk Fuel Pump elektrik sendiri digolongkan menjadi beberapa jenis. diantaranya tipe dengan menggunakan diagfragma dengan platina atau kontak point ini yang lebih dikenal dengan nama atau sebutan Rotax dan fuel pump elektrik yang biasa di temukan pada mesin-mesin motor dan mobil injeksi EFI. untuk yang terdapat pada mesin injeksi orang sering bilang nama sebutan umumnya Fuel Pump. Pompa jenis ini biasanya terletak di dalam tangki bahan bakar atau di dekat tangki bensin untuk mempertahankan jumlah bahan bakar dan untuk memanfaatkan bahan bakar dalam tangki sebagai pendingin pompa.

Jenis dan Cara Kerja Fuel Pump Pada Mobil Dan Motor
Fuel Pump Elektrik EFI


Dari kedua tipe tadi tentunya ada perbedaan. jika pada fuel pump mesin karburator tekanan bahan bakar kecil dan kalau untuk yang pada mesin injection atau EFI ada bahan bakar bertekanan tinggi yang diperlukan untuk membuat sistem bekerja dengan efisien.

Dalam menjaga atau merawat Fuel pump supaya awet dan tidak mudah rusak, maka yang harus dilakukan adalah menjaga kualitas dan kebersihan bahan bakar dan kebersihan tangkinya. dan jika untuk Fuel Pump injeksi juga harus dijaga ketersediaan bahan bakar di dalam tangki jangan sampe sering kosong. karena bisa membuat Fuel Pump cepat rusak. juga jangan lupa untuk selalu memeriksa Fuel Filter atau saringan bahan bakar dan menggantinya secara berkala atau jika kotor.

Lain waktu akan saya bahas mengenai cara mensiasati Fuel Pump mati atau rusak dan tanda-tanda kerusakan pada Fuel Pump. semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.