Alternatif Part Substitusi Cylinder Head Honda CB 125

Mechanic Onlines - Motor Klasik atau Motor Jadul ( Jaman Dulu) memang semakin dicari dan makin digandrungi di kalangan pecinta otomotif indonesia. salah satu motor yang makin banyak komunitas atau klubnya adalah Honda CB dan GL series. pada honda cb series, masalah tyang sering terjadi dan rada sulit mengatasinya adalah bunyi ngelitik pada area head (klep, platuk dan noken as) nah salah satu cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengganti satu set Cylinderhead nya. namun namanya juga motor klasik, sparepart nya tentunya sudah tidak tersedia lagi di pasaran. dari hasil putar-puter di internet, nemu juga nih informasi menarik tentang Alternatif Part Substitusi Cylinder Head Honda CB 125. 

Alternatif Part Substitusi Cylinder Head Honda CB 125

Part ini berasal dari motor yang terbilang bukan motor tua, dan sepertinya mnasih ada di pasaran partnya. Part ini namanya Cilinder Head, bentuknya mirip banget sama seperti CB k2 thn 1972, ukuran klep nya 29/24mm percis ukuran klep CB 125, dan memang stamp pada head ini bertuliskan CB 133. Cylinderhead ini kepunyaan dari minerva 150vx. gak asing kan dengan sepeda motor Minerva 150 ini, jika belum tahu, langsung aja lakukan pencarian gambar di google. nah ternyata, bukan cuma head aja yang speknya sama, tapi part lainnya pun sama dengan CB series. berikut ini datanya saya dapat dari sumber "5osial.com".

Alternatif Part Substitusi Cylinder Head Honda CB 125
Sumber Ganbar : https://5osial.com
Kapasitas mesin Minerva 150vx adalah 149cc dengan sistem pendingin oli seperti halnya satria FU, gigi rasio dari minerva 150vx ini masih dari sumber, percis seperti cb k3, kopling set punya perbandingan 18/73 yang percis seperti pada motor CB k3 atau gl 100, terakhir untuk bagian kruk as juga percis dgn honda CB. Punya langkah 49.5mm dengan panjang stang 103.5mm.

Nah dari data diatas, tentunya ada beberapa part dari minerva 150vx ini yang bisa anda adopsi untuk motor klasik CB jadul kesayangan anda. sebetulnya masih banyak pilihan part lain yang bisa anda pilih atau gunakan untuk CB Series Yaitu dengan menggunakan Part dari penerusnya yaitu GL series. mungkin informasi diatas hanya tambahan referensi saja.

Tertarik untuk menelusurinya, penulis sendiri belum membuktikanya. namun ketika melihat-lihat dari sumber ternyata sangat mirip sekali partnya. semoga bermanfaat dan semoga membantu anda. lebih dan kurangnya mohon maaf.