Cara Kerja Noken As / Camshaft Dan Jenis Noken As Racing

Mechanic Onlines Noken as atau Camshaft adalah sebuah alat yang digunakan dalam mesin untuk menjalankan valve poppet ( Klep / katup ). Dia terdiri dari batangan silinder. Cam membuka katup dengan menekannya, atau dengan mekanisme bantuan lainnya, ketika mereka berputar. nah di dalam Camshaft / Noken as ada beberapa bagian seperti terlihat pada gambar. dan yang sering kita dengar ketika para mekanik berbicara seputar noken as maka istilah Lift, Overlap dan Durasi adalah hal yang paling familiar dalam dunia oprek noken as.

Lift pada Noken as atau Camshaft adalah tinggi tonjolan pada noken as yang berfungsi untuk mendorong klep / katup baik secara langsung ataupun melalui mekanisme lainya ( Platuk Klep / Rocker arm ). Overlap merupakan waktu dimana dalam hitungan durasi kruk As, klep intake dan exhaust terbuka bersamaan. Terjadi di akhir langkah buang dimana klep Ex menutup dan diawal langkah hisap dimana klep In mulai membuka.

Sedangkan Durasi adalah waktu yang diukur dalam derajat putaran kruk As, dimana –baik klep In maupun Ex- sedang terbuka. Banyak para mekanik balap melakukan riset memodifikasi desain noken as dengan mengubah Lift, Overlap dan Durasi noken as denga cara membubut atau menggerinda cam tersebut. namun banyak juga produk Camshaft Racing / Noken As Racing dijual di pasaran dari berbagai merek.

Noken As / Camshaft Racing



Noken As Racing / Camshaft Racing menjadi pilihan bagi yang tak mau ribet mendesain ulang noken as, tentunya ada kelemahan dan kelebihanya. kelemahannya desain dan karakter pastinya sudah ditentukan pabrikan pembuat. ini tidak akan bekerja maksimal untuk mesin balap yang digarap dengan hitungan sendiri. namun noken as racing bisa bagus untuk Yang dipakai Harian yang tidak banyak melakukan ubahan pada bagian lain. ada beberapa merek yang beredar di pasaran diantaranya Kawahara, TDR, Marathon, CLD, dan HRP (Hendriyansyah Racing Produk). nah tinggal pilih aja yang sesuai dengan keinginan kita.

Mungkin untuk cara memilih noken as dan karakter noken as akan saya tulis lain waktu. semoga tulisan Cara Kerja Noken As / Camshaft Dan Jenis Noken As Racing ini bermanfaat untuk kita semua. amin.