Menghitung Durasi dan Lift Noken As / Camshaft

Mechanic Onlines - Setelah sebelumnya membahas tentang Cara Kerja Noken As, maka kali ini akan saya tulis mengenai modifikasi  Durasi dan Lift Max pada Noken As / Camshaft. seperti diketahui jika kunci dari performa mesin 4 tax ada di Camshaft atau Noken as. Korekan yang kita bikin atau ubahan yang kita lakukan pada mesin tidak akan maksimal jika kita kekeh memasang noken as bawaan dari pabrik. maka dari itu harus dilakukan mendesain ulang Noken as, dengan mengubah Durasi dan Lift Max. tanpa banyak basa basi langsung ke TKP.

Durasi dan Lift Noken As / Camshaft Motor

  • Durasi
Cara menghitung durasi noken as terdapat beberapa cara dan berikut salah satu cara yang bisa dilakukan.

angka LC (lobe center) pada noken as adalah hal yang pertama harus kita ketahui untuk memodifikasi noken as tersebut. Untuk mengetahui LC, kita harus memasang noken as pada mesin dan mengukur dengan busur derajat yang dipasang pada kruk as sebelah kiri /magnet. atau lihat gambar

Sebagai contoh : LC PADA JUPITER Z : 103 jika kita menginginkan durasi 310 derajat. maka derajat in open dan derajat in close ?
Perhitungan Untuk Mencari in close :
310 - 180 - 52 = 78
Dri perhitungan di atas, untuk LC 103 dan durasi yang di inginkan 301 maka In Open 52 dan In Close 78 setelah TMB.

  • Lift Max
Untuk Sepeda motor standart, Lift Max = 23% dari diameter Klep in. dan untuk Sepeda motor balap dengan track sirkuit yang tidak terlalu panjang, Lift Max sekitar 29% - 31% dari diameter Klep in. Untuk balap dengan sirkuit panjang, Lift Max dapat dibuat hingga 35% dari diameter Klep.

Ribet memang yang namanya rumus hitung itu, tapi memang itulah cara yang dipakai dalam memodifikasi Noken as untuk menentukan Durasi dan Lift Max nya. makanya kebanyakan orang langsung aja beli Noken as Racing, gak masalah jika buat harian tapi gimana jika buat balap yang tentunya memerlukan riset. dan lain waktu akan saya bahas tentang cara memilih noken as Racing. sekian tentang Menghitung Durasi dan Lift Noken As / Camshaft, semoga bermanfaat.