Ciri Cylinder Head Gasket Rusak

Mechanic Onlines - Cylinder Head atau Kepala Silinder adalah salah satu komponen penutup boring ( Cylinder Liner ) pada blok silinder. Cylinder Head atau Kepala Silinder berfungsi juga sebagai rumah katup atau klep, tempat terpasangnya busi juga tempat pembakaran, dan tempat pemasangan saluran masuk dan buang. juga sebagai Menyalurkan panas ke cooling system. Cylinder Head dipasangkan pada blok silinder dengan diberi gasket untuk menahan kebocoran dan diikat dengan dengan baut-baut.

Pada mesin yang menggunakan sistem pendingin cairan atau air, sistem saluran pendingin berada di seputar boring dan menyambung ke cylinderhead. makanya kebocoran atau kerusakan Cylinder Head Gasket atau gasket kepala silinder bisa berakibat fatal. salah satu yang bisa diakibatkan kerusakan pada Cylinder Head Gasket adalah Overheating. penyebabnya kompresi udara di ruang bakar masuk melintas ke saluran -saluran cairan pendingin yang ada di antara blok mesin dan silinder head dikarenakan gasket rusak. dan ini akan menyebabkan mesin menjadi panas, air radiator muncrat bahkan bisa membuat radiator jebol.

Ciri Cylinder Head Gasket Rusak

Gejala Cylinder Head Gasket Rusak


Ada cara untuk melihat gejala paking silinder head rusak, gejala yang pertama yang sudah pasti dialami adalah temperatur mesin naik diatas normal. cairan pendingin atau Air Radiator berkurang atau habis, ini akibat ( keluar terbuang ke tangki cadangan dan meluap) dan bisa juga mengakibatkan saluran cairan pendingin dan radiator jebol. nah itu gejala-gejala yang diakibatkan oleh kerusakan pada Cylinder Head Gasket maupun Cylinder Headnya. jika kerusakan pada Gasket biasanya akibat terbakar atau angus jika pada Cylinder Headnya itu biasanya melenting atau ada retak.

Cara Memeriksa Kerusakan Cylinder Head Gasket


Ada cara untuk memeriksa kerusakan pada Cylinder Head Gasket. dan ini bisa dilakukan dengan mudah dan tanpa membongkar Cylinder Head untuk memeriksa kondisi Gasketnya. caranya berikut ini.
  • Pada saat mesin dingin, buka tutup radiator.
  • Tambah Cairan Pendingin jika kurang. dan jangan tutup radiator.
  • Start mesin sambil anda perhatikan permukaan air pada radiator. dan jawabanya berikut ini.
  • Jika saat distarter dan mesin hidup air muncrat keluar, itu tanda kompresi melintas akibat Gasket Kepala silinder / Cylinder Head Gasket rusak.
  • Jika saat mesin hidup dan anda tekan/tarik gas keluar gelembung udara dari air radiator, itu juga gejala Cylinder Head Gasket rusak.
  • Jika setelah mesin dibiarkan hidup beberapa saat dengan kondisi radiator tertutup dan ketika tutup radiator dibuka keluar tekanan udara keluar itu juga gejala Cylinder Head Gasket rusak.
  • Selengkapnya tentang penyebab dan cara memperbaiki Air radiator muncrat
Nah jika pada Mesin Mobil dan Sepeda motor anda yang menggunakan radiator mengalami hal demikian, itu tanda anda harus segera menserfisnya. awas, Overheat bisa berbahaya bagi mesin anda. dan jika dibiarkan anda pasti sudah tahu resikonya. semoga Ciri Cylinder Head Gasket Rusak ini bisa menambah pengetahuan kita. terimakasih kunjungannya.