Cara Membuka Mur, Baut dan Sekrup Yang Macet

Mechanic Onlines - Baut, mur dan sekrup adalah hal yang paling banyak kita temui pada kendaraan. seiring dengan bertambahnya umur dan sering dibongkar pasang, maka pasti ada kendala ketika sedang melakukan perbaikan dihadapkan dengan Mur, Baut dan Sekrup Yang Macet. itu memang akan menjengkelkan. baut atau mur yang macet itu memang memerlukan perlakuan khusus untuk membuka nya nah apa yang harus dilakukan atau teknik apa yang ampuh untuk menangani hal tersebut. bisa anda lakukan cara berikut ini.

Cara Membuka Mur, Baut dan Sekrup Yang Macet

  • Membuka sekrup macet.
Tidak banyak cara yang dilakukan untuk membuka sekrup yang macet/keras. Sebelum membukanya, anda ambil obeng, tempelkan ke sekrup lalu pukul dulu sebelum mengendurkan.

  • Membuka Mur Macet.
Sebelum kita membuka mur, kita lihat dulu kondisi drat bautnya dulu. Jika dratnya mulus bersih kita bisa langsung membukanya. Apabila drat kotor oleh debu/tanah yang mengeras, sebaiknya bersihkan dulu dengan sikat kawat, kemudian anda basahi drat bisa dengan air, oli atau minyak rem. Cairan-cairan ini akan memudahkan kita ketika memutar mur saat di buka/lepas. Yang sering saya pake adalah minyak rem.
Gunakanlah mata kunci sok segi enam ( bukan yang keriting/gerigi ) hal ini untuk menghindari mur gundul. Ketika pertama mengendurkan kunci jangan langsung di tekan/tarik tapi saran saya kendurkan mur dengan tekanan pukulan telapak tangan pada kunci ( seperti memukul dengan palu )

Cara Membuka Mur, Baut dan Sekrup Yang Macet
  •  Membuka baut macet.

Langkahnya sama seperti mur tadi. Tapi bila perlu pukul-pukul dahulu kepala baut jika baut memang benar-benar susah dibuka. Ketika baut mulai bisa diputar tapi ada masalah baru yaitu seret, beri cairan minyak rem ke celah drat biasanya cara ini akan membantu melancarkan.

Sekian tentang Cara Membuka Mur, Baut dan Sekrup Yang Macet semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda