Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih

Mechanic Onlines - Asap knalpot memang bisa mengidentifikasi kondisi mesin khususnya seputar area ruang bakar. gejala yang timbul yang banyak terjadi adalah asap knalpot berwarna putih atau hitam. nah, sebetulnya apa yang terjadi kerusakan ketika asap knalpot mengeluarkan asap yang berwarna, baik itu warna putih dan hitam. ini penting untuk diketahui agar anda sebagai pengguna dan pemilik sepeda motor tahu apa yang hars diperbaiki dan apa yang harus dilakukan.

Dan berikut ini beberapa gejala baik yang normal dan tidak normal baik yang bersipat asap dan kerak yang terjadi pada knalpot kendaraan dengan penyebab yang menyebabkan kondisi tersebut.

Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih

Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih
  • Asap putih
Penyebabnya, bisa karena kondisi ring piston yang aus atau longgar. Atau berasal dari akibat sil katup pecah. Kondisi ini biasanya akan membuat umur busi menjadi pendek.

  • Asap Hitam
asap hitam timbul disebabkan oleh diantaranya adalah setingan bahan bakar terlalu kaya atau boros, bisa juga diakibatkan oleh katup atau klep bocor ( kompresi bocor ).
  • Kerak Abu-Abu
Kondisi ini menandakan pembakaran di mesin sempurna. Setingan Campuran udara, bensin dan pemantik api dalam kondisi ideal hingga pembakaran didapat.
  • Percikan Air 
Kejadian ini normal saat kondisi mesin dingin. ini namun efek kondensasi (embun) di saluran knalpot. Seiring dengan naiknya suhu di dalam saluran knalpot, percikan air akan hilang.
  • Serpihan Kotoran
Bentuknya bisa berupa besi karatan atau benda mirip kapas yang terbakar. Ini menunjukkan kondisi saringan knalpot yang keropos akibat karat.
  • Lelehan Oli
Kondisi ini mengisyaratkan adanya oli mesin yang masuk ke ruang bakar dalam kuantitas cukup banyak. Bersamaan dengan sisa gas buang. bisa disebabkan oleh sil klep bocor atau ring piston aus. dan ini pasti menyebabkan oli mesin berkurang.

Sekian tentang Penyebab Asap Knalpot Hitam Atau Putih semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.