Tanda Dan Gejala Koil / Coil Mati dan Cara Memperbaiki Coil

Mechanic Onlines - Tanda Dan Gejala Koil / Coil Mati dan Cara Memperbaiki Coil - Coil atau Koil adalah salah satu komponen pengapian yang sangat vital untuk kualitas pembakaran. bagaimana tidak busi sebagai pemercik bunga api sumber daya nya disuplai dari koil. Cara kerja koil menaikkan tegangan dari aki yang hanya 12 volt menjadi 18.000 volt. Artinya terjadi penaikkan 1500 kali lipat dari tegangan aki. ketika coil sudah lemah akan membuat pengapian melemah dan akan berefek pada salah satunya busi yang sering mati. boros busi tentunya akan sedikit menjengkelkan. bagaimana jika busi mati di tengah jalan. namun ada solusi untuk memperbaiki busi mati.

Disini saya mau berbagi pengalaman saya tentang gejala-gejala si koil ini yang sering saya temukan saat saya bekerja.

Tanda Dan Gejala Koil / Coil Mati dan Cara Memperbaiki Coil


Gejala yang mengindikasi KOIL mati/lemah
  • umur busi pendek/busi sering mati.
  • saat mesin dingin normal, tapi saat udah panas, mesin brebet kemudian mati. bila di pegang baru beberapa saat mesin hidup koil udah panas. biasanya normal kembali saat sudah dalam kondisi dingin.
  • jikal di cek loncatan arus dari kabel busi, jaraknya memendek.

Cara mengakali koil mati/lemah jika dalam keadaan darurat 

Tanda Dan Gejala Koil / Coil Mati dan Cara Memperbaiki Coil
  • agan bisa cari handuk/lap/kain basah kemudian bungkus itu koil. maksudnya supaya gak terlalu cepet panas. cara ini sering berhasil. bila jarak jauh, jangan lupa bawa jerigen air buat guyur itu koil yang udah di kasih jaket tebal, hehehehe
  • rapatkan celah busi karena arus melemah.
  • jika ada komponen lain sebelum koil ( apalah namanya itu saya kurang tahu) sebaiknya pastikan kabel positif dari distributor tersambung langsung ke kutub positif koil.
Nah itu tadi Tanda Dan Gejala Koil / Coil Mati dan Cara Memperbaiki Coil semoga bermanfaat dan terimakasih atas kunjungan anda.