Ukuran Kerenggangan Klep ( Celah Katup ) Semua Motor

Mechanic Onlines Kerenggangan Klep atau Celah Katup memang untuk setiap tipe mesin itu berbeda-beda. kerenggangan klep jika tidak sesuai dengan yang direkomendasikan maka akan mengakibatkan tenaga tidak maksimal. untuk pengecekan dan penyetelan kerenggangan atau celah katup biasanya dilakukan saat tune up atau saat perbaikan perawatan berkala.

Untuk melakukan penyetelan kerenggangan katup diperlukan keahlian dan pengetahuan untuk mengetopkan mesin. karena pada posisi Top TMA ini kedua katup menutup dan pltuk klep tidak menekan batang klep. nah untuk mengukur kerenggangan atau celah katup diperlukan alat Filler Gauge. adalah alat berupa plat dengan berbagai ukuran ketebalan. atau bagi yang sudah terbiasa bisa juga pakai filing atau perkiraan. dan berikut ini ukuran kerenggangan celah klep untuk sepeda motor Honda, Yamaha, Suzuki, Kawasaki.
Ukuran Kerenggangan Klep ( Celah Katup ) Semua Motor
Ukuran Kerenggangan Klep ( Celah Katup ) Semua Motor

  • YAMAHA
JUPIITER    =0.05-0.10/0.08-0.13  (IN/EX)
MIO            =0.08/0.10  (IN/EX)
VEGA         =0.05-0.10/0.08-0.13  (IN/EX)
VIXION        = 0.1 (IN/EX)
MX              =0.1-0.14 / 0.16-0.20 (IN/EX)

  • SUZUKI
TUNDER                  = 0.1/0.15  (IN/EX)
SHOGUN ALL TYPE = 0.05  (IN/EX)
SATRIA FU              = 0.15   (IN/EX)
  • HONDA
TIGER,MEGA PRO  = 0.10 (IN/EX)
CS 1                       = 0.06/0.27 (IN/EX)
BEAT                      = 0.14(IN/EX)
VARIO                    = 0.16/0.25 (IN/EX)
ALL TYPE 100 CC   = 0.05 (IN/EX)
ALL TYPE 125 CC   = 0.03(IN/EX)
REVO/BLADE         =0.10 (IN/EX)

Semoga data tersebut bermanfaat dan untuk yang punya data yang lain silahkan tambahkan untuk berbagi di komentar.