Cara Membersihkan Busi Motor dan Mobil

Mechanic Online Cara Membersihkan Busi Motor dan Mobil - Busi ( Spark Plug ) adalah alat pemercik bunga api pada mesin bensin baik itu Mobil dan Motor. baik dan buruknya proses pembakaran bisa dipengaruhi oleh kondisi busi itu sendiri. busi kotor akan membuat kinerja dari busi itu sendiri terganggu. yang menyebabkan busi kotor itu banyak faktornya dari mulai kualitas bahan bakar, setingan karburator hingga kondisi filter udara yang kotor maupun dibiarkan tanpa saringan udara.

Ketika busi menjadi kotor akan menyebabkan percikan bunga api tidak terfokus atau malah terhalang oleh kerak kotoran. akibatnya mesin akan brebet atau malah mati alias mogok. nah apa yang harus anda lakukan, yang harus anda lakukan adalah mengganti atau membersihkan busi tersebut. untuk mengganti busi anda hanya harus membuka dan menggantinya dengan busi bertipe sama. ada beberapa tipe dan jenis busi di pasaran. dan jika anda ingin membersihkan busi, lakukan cara berikut ini.

Cara Membersihkan Busi ( Spark Plugs )

Untuk membersihkan Busi, anda bisa lakukan dengan cara berikut ini.

  1. Buka busi.
  2. ambil amplas dan gosok kerak kotoran di busi.
  3. korek kotoran di celah keramiknya menggunakan sikat kawat atau bekas kabel kopling / gas.
  4. semprot untuk membuang kotoran yang tersisa.
  5. atur kembali kerenggangan busi.
Kenapa disini saya tidak menggunakan bensin untuk mencucinya, hal itu karena pengalaman. jika memakai bensin, anda harus mengeringkannya dan jika sedang apes busi bisa menjadi tidak normal karena mungkin basah di bagian dalamnya atau malah menjadi mati. dan jika darurat busi mati masih bisa diperbaiki. dan berapa untuk ukuran celahnya, atur celah kerenggangan busi memakai Fuller Gauge atau Feeler Gauge entah apa itu namanya namun saya biasa menyebutnya fuller dengan ukurang 0.80 mm atau 0.90 mm. anda bisa lebih merapatkan ukurannya jika diperlukan untuk pengapian yang sudah melemah.

alat pengukur Celah klep dan busi
Fuller Gauge / alat pengukur celah

Mengukur celah kerengganga busi tidak harus menggunakan alat Fuller gauge atau alat pengukur celah, anda bisa menggunakan feeling anda. yang penting jangaan lebih renggang dari standar busi. semoga Cara Membersihkan Busi Motor dan Mobil ini bermanfaat dan terimaksih kunjungannya.