Cara Mudah Menguras Aki / Accu

Mechanics Onlines Cara Mudah Menguras Aki / Accu - Pada kendaraan baik itu Mobil Ataupun Sepeda Motor, sumber listrik untuk kelistrikanya berasal dari Batre atau Aki. aki pada Mobil dan Motor itu yang dipakai ada dua jenis yaitu aki kering dan aki basah. Jenis Aki Kering itu tergolong bebas perawatan namun ketika setrum ngedrop itu tak bisa kita apa-apain lagi musti ganti baru. Nah khusus untuk Aki tipe basah, dia menggunakan Cairan Accu ( Accu Zuur ). aki jenis ini memerlukan perawatan yaitu penambahan air aki ketika kurang dan penggantian cairan aki ketika sudah tawar. pada beberapa jenis aki basah ada yang terdapat juga kontrol untuk kondisi cairan aki dan tegangan yang biasanya ditandai dengan warna.

Kali ini kita akan bahas tentang Aki Basah, pada jenis aki ini ketika cairan aki sudah tawar maka setrum akan drop. atau setrum aki habis ketika di waktu pagi hari ( semalam ). kondisi ini bisa kita perbaiki dengan mencoba menguras aki nah bagaimana cara menguras aki / accu dengan cara mudah. caranya mudah sekali akan saya tulis caranya namun pertama perhatikan dulu, karena cairan aki itu berbahaya, maka disarankan memakai sarung tangan dan kaca mata. berikut caranya.

Cara Mudah Menguras Aki / Accu

  • Yang pertama anda harus lepas kabel Negatif dan kemudian lepas kabel Positif, kemudian buka dan keluarkan accu dari dudukannya.
  • Kocok aki biar kotoran larut dengan cairan aki. ( sebagian orang biasa mengisikan air panas untuk melarutkan kerak namun saya tidak rekomendasikan )
  • Buka penutup lubang Cairan accu / aki.
  • Buang cairan aki lama dengan cara membalik aki. ( awas cairan ini berbahaya buang di tempat aman )
  • Isi Aki dengan cairan aki ( accu zuur ) awas jangan pake cairan penambah air aki, namun harus untuk mengisi aki baru ( accu zuur) isi sampai batas Upper Level.
  • Jika aki masih dalam kondisi bagus, sampai disitu saja bila di cek setrumnya sudah terisi kembali.
  • Setrum aki untuk memaksimalkan setrumnya.
  • Pasang kembali ke tempat semula, pasang kabel positif dan kemudian negatifnya.
Cara Mudah Menguras Aki / Accu tadi menurut saya mudah, pasti anda juga bisa dan memang mudah. secara menguras aki dengan cara diatas itu cuma buka, buang, isi , setrum, pasang. namun kebanyakan orang salah dalam mengisi air aki, mereka isi dengan air aki untuk menambah yang akan mengakibatkan setrum tidak akan terisi. seharusnya isi dengan air aki untuk mengisi aki baru.